21 ABK KM Tonasa Line Dikarantina Pasca Satu ABK Positif Covid-19

2 min


121
919 shares, 121 points

SINGARAJA, BALI EXPRESS-Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Celukan Bawang lakukan karantina terhadap 21 ABK KM Tonasa Line XVIII. Mereka dikarantina di atas kapal selama 14 hari. Upaya ini dilakukan pasca ditemukannya satu anak buah kapal (ABK) asal Sulawesi yang diberi kode PDP 113 terkonfirmasi positif.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Celukan Bawang, I Made Oka, menjelaskan, kapal bermuatan semen KM Tonasa Line XVIII itu betolak dari Pelabuhan Biringkassi, Sulawesi Selatan, dan berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang, Senin (22/6) lalu.

Ketika kapal sandar, pihaknya bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Celukan Bawang langusng melakukan cek kesehatan kepada 22 ABK yang ada di kapal tersebut, seperti mengukur suhu tubuh dan rapid test.

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Hasilnya, Otoritas menemukan satu ABK berinisial AA 21 rapid testnya reaktif. Atas temuan itu, AA langsung dibawa ke RS Pratama Giri Emas untuk di test swab. Hasilnya dinyatakan positif terinfeksi virus Korona.
Dengan adanya temuan itu, 21 rekan ABK lainnya tidak diperbolehkan turun dari kapal. “Mereka harus menjalani karantina selama 14 hari di atas kapal. KKP Kelas I Denpasar sudah melakukan penyemprotan disinfektan di kapal tersebut. Sementara untuk logistik selama menjalani karantina ditanggung oleh perusahaannya,” ujar Oka saat dikonfirmasi, Jumat (26/6) siang.
Sedangkan semen yang dimuat oleh kapal, tetap diturunkan menggunakan peralatan khusus. Sehingga dipastikan para ABK yang ada di kapal tersebut tidak melakukan kontak dengan orang lain.
Bongkar muat barang ini diperkirakan membutuhkan waktu selama empat hari. “Kapal itu saat ini sandar di terminal khusus. Barangnya juga diturunkan dengan mesin, jadi tidak menggunakan tenaga buruh,” terangnya.
Jika masa karantina selama 14 hari sudah selesai, maka 21 ABK itu akan dirapid test ulang untuk memastikan mereka tidak terpapar Covid-19. Oka mengaku akan melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid, apakah kapal sudah diperbolehkan kembali ke Sulawesi Selatan, atau tetap bersandar di Pelabuhan Celukan Bawang untuk menunggu satu ABK-nya hingga dinyatakan sembuh.
Terpisah, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buleleng, Gede Suyasa, mengatakan, sebagian besar orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Buleleng tidak bergejala. Dari jumlah pasien yang terkonfirmasi positif di Buleleng, 83.3 persen diantaranya adalah Orang Tanpa Gejala (OTG). 
Secara kumulatif, pasien terkonfirmasi positif di Buleleng sebanyak 93 orang. Dari jumlah tersebut, 78 diantaranya adalah OTG. Mereka awalnya terdeteksi terpapar Covid-19 karena ingin mencari surat keterangan (suket) bebas Covid-19.
Namun setelah dilakukan rapid test oleh petugas kesehatan, hasilnya reaktif, sehingga langsung di isolasi di RS Pratama Giri Emas untuk di test swab. Saat di test swab pun hasilnya menunjukan positif terpapar virus Korona. “Ada juga yang ditemukan dari hasil tracing. Jadi, mereka betul-betul tidak bergejala,” terang Suyasa dalam keterangan pers secara online Jumat siang.
Saat ini pihaknya menjadikan OTG sebagai fokus perhatian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buleleng. Salah satunya dengan gencar melakukan tracing, serta melakukan rapid test di dua titik pintu masuk Buleleng, yakni di daerah Labuan Lalang, Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, dan di Desa Tembok, Kecamatan Tejakula.
Suyasa mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada, dan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Sebab, banyak yang tidak bergejala, namun nyatanya positif Covid. “Jadi, dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, tidak menularkan virus ke orang lain,” singkatnya.


Like it? Share with your friends!

121
919 shares, 121 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format