4 UKM Bertemu Google di Palembang untuk Berbagi Kisah Sukses

situsjodoh.com pastiterjual.com

Ada pula Dwi Maharani. Wanita kelahiran Jakarta itu sudah fasih berbisnis sejak SMA. Ia bergabung pada kemitraan Burger Time di Palembang dan membuka cabang di Plaju. Aktivitas Dwi di GMB pun membuat Burger Time Plaju makin eksis di Google.
Selain terbantu lewat analisis data yang disediakan GMB, Tim Burger Time Plaju juga makin sophisticated dalam melayani respons konsumen berkat modul kelas Gapura Digital dan Womanwill. Mereka pun tidak canggung bila ada ulasan negatif.
“Enaknya ada program Womanwill sama Gapura Digital itu, jadi, salah satu modulnya ada tips dan trik, kalau ada ulasan positif bagaimana, kalau ada yang negatif bagaimana, jadi kita punya arahan,” jelas Dwi.
Gapura Digital adalah kelas offline mingguan yang memberi pelatihan seperti panduan, tips, pemahaman SEO, dan juga sebagai sarana saling berbagi antar UKM. Sementara, Womenwill merupakan komunitas khusus pebisnis wanita.

UKM lain yang turut menikmati fitur Google adalah Sriwijaya Youth Academy, sebuah pemberi jasa les TOEFL. Pendirinya adalah Youwen Sartika, wanita kelahiran 1994 dan alumna Universitas Sriwijaya. Ia pernah mengikuti program Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) di Universitas Connecticut.
Youwen bercerita mulai aktif kursus Bahasa Inggris pada akhir 2015, setelah perkebunan kelapa sawit keluarganya terbakar akibat dampak el-nino. Setelah sekitar dua tahun berjalan, Youwen aktif mengikuti program Gapura Digital dan memakai fitur Google.
“DI Sriwijaya Academy, kami membatasi SDM, tapi sangat terbantu dengan aplikasi-aplikasi Google,” ujar Youwen. Ia memberi contoh seperti pendaftaraan yang memakai Google Form dan berbagi dokumentasi serta modul lewat Google Drive bagi pelajar jarak jauh. “Jadi sangat terbantu untuk efisiensi tim,” imbuhnya.