6 Aplikasi Chat Selain WhatsApp yang Mudah dan Praktis Digunakan, Ini Kelebihannya

3 min


138
1.1k shares, 138 points

Telegram App. © Tchapps.com

Merdeka.com – Kini WhatsApp menjadi aplikasi chatting dengan pengguna yang melimpah ruah di Indonesia. Dikutip dari akun resminya di Twitter, Kamis (25/2/2021), WhatsApp mengatakan kini sudah melayani lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan.
Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, ada 100 miliar pesan dan 1 miliar panggilan yang dilakukan setiap hari di aplikasi ini.
Di sisi lain, WhatsApp memberlakukan kebijakan privasi barunya hingga 15 Mei pada penggunanya untuk menyetujuinya. Pengguna WhatsApp yang menolak untuk menerima persyaratan privasi baru masih dapat menggunakan aplikasi tersebut selama 120 hari ke depan.
Persyaratan baru ini akan memungkinkan Facebook dan WhatsApp untuk berbagi pembayaran dan data transaksi untuk membantu mereka menargetkan iklan dengan lebih baik karena Facebook memperluas penawaran eCommerce dan berupaya menggabungkan platform olah pesan mereka.
Sementara itu, jika pengguna masih tidak menerima ketentuan privasi baru di batas akhir 120 hari setelah 15 Mei, WhatsApp akan menghapus akun pengguna tersebut.
Tetapi jangan cemas, ada aplikasi chatting alternative yang bisa kamu gunakan dengan kebijakan privasi yang berbeda, berikut merdeka.com merangkumnya dari laman dnaindia.com:
Signal

©2021 Merdeka.com
Aplikasi chat selain Whatsapp yang mudah dan praktis digunakan yang pertama yaitu aplikasi Signal.
Signal App adalah aplikasi perpesanan dengan fokus pada privasi dan telah ada sejak 2014. Tagline Signal adalah ‘Say Hello to Privacy’ dan layanannya dienkripsi end-to-end seperti WhatsApp. 
Faktanya, WhatsApp menggunakan protokol Signal untuk fitur enkripsi end-to-end nya. Namun berbeda dengan WhatsApp, Signal tidak dimiliki oleh Facebook. 
Menurut Elon Musk, aplikasi perpesanan instan Signal adalah aplikasi paling aman di dunia. Aplikasi Signal tidak meminta data pribadi pengguna, yang sekarang dilakukan WhatsApp atas nama kebijakan privasi.
Fitur khusus tentang Aplikasi Signal adalah sepenuhnya aman dan tidak ada rasa takut data pengguna dibagikan. Berarti semua data pribadi pengguna tetap bersifat pribadi.
Itu juga tidak mengirim cadangan pengguna yang tidak aman ke cloud dan itu menjaga database terenkripsi aman di teleponmu.

Telegram

©2014 Merdeka.com
Telegram dipandang sebagai pilihan yang lebih baik oleh banyak orang ketika mereka mempertimbangkan privasi dan keamanan komunikasi online mereka. Ia menjadi aplikasi chat selain Whatsapp yang mudah dan praktis digunakan di samping Signal.
Penggemar aplikasi seluler berbagi tabel dan grafik untuk membandingkan kedua platform juga. Telegram adalah solusi perpesanan lintas platform dengan enkripsi end-to-end yang gratis untuk digunakan.
Telegram juga mengklaim lebih aman daripada WhatsApp karena menggunakan protokol MTProto. Telegram pun mengklaim bahwa ia menggunakan infrastruktur terdistribusi.
Telegram dianggap sebagai salah satu platform terbaik untuk keamanan dan cukup pribadi sehingga beberapa pemerintah tidak suka warganya menggunakannya. Sebagai layanan obrolan, ini pasti lebih dari cukup untuk apa saja yang dibutuhkan.

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Viber

© Berryza.com
Aplikasi chat selain WhatsApp berikutnya yang mudah digunakan yakni aplikasi Viber. Viber menggunakan enkripsi end-to-end untuk melindungi percakapan lebih dari satu miliar penggunanya dari peretas dan “rezim”.
Selain itu, perusahaan telah memastikan bahwa setiap pengguna memiliki kunci kriptografi individu yang terkait dengan perangkatnya, sehingga kamu dapat memanfaatkan lapisan keamanan tambahan.
Pengguna dapat secara manual mengautentikasi kontak untuk memilih mereka “dipercaya” yang mengubah warna kunci menjadi hijau.
Selain itu, ia juga memiliki fitur lain yang disebut obrolan tersembunyi yang akan memungkinkan pengguna menyembunyikan obrolan tertentu dari layar utama sehingga tidak ada yang tahu selain obrolan itu.
Snapchat
©2017 Merdeka.com
Meskipun Snapchat secara teknis bukan hanya aplikasi perpesanan melainkan aplikasi media sosial, namun berkat beberapa fitur unik yang tidak dapat ditawarkan oleh aplikasi perpesanan lain, snapchat bisa menjadi alternative menarik. 
Misalnya, kamu dapat mengirim pesan yang dapat hancur sendiri setelah jangka waktu tertentu. Itu juga memberi tahu kamu ketika seseorang mengambil tangkapan layar dari obrolan saya dengan mereka. 
Akhirnya, ia menawarkan koleksi fitur terbaik dari semua aplikasi yang membuat aplikasi ini menyenangkan untuk digunakan.

Threema

Threema adalah aplikasi perpesanan yang “sangat aman”, yang akan menarik minat Anda jika Anda mengkhawatirkan keamanan Anda di WhatsApp. Aplikasi ini mengenkripsi semua data, termasuk pesan, file bersama, dan bahkan pembaruan status. 
Meskipun tidak memiliki fitur WhatsApp seperti panggilan suara & video, fitur keamanannya tentu saja mengesankan. Bersamaan dengan enkripsi end to end dalam aplikasi, aplikasi juga tidak mengumpulkan metadata dan menawarkan berbagai opsi cadangan terenkripsi. 
Threema adalah open-source dan memiliki kebijakan privasi yang sangat transparan, jadi keamanan Anda ada di tangan yang aman saat Anda menggunakan aplikasi.
 Threema adalah aplikasi berbayar tetapi jika keamanan penting bagi Anda dan menginginkan aplikasi perpesanan sederhana, itu sepadan dengan harganya.
Skype
©2014 TheVerge.com
Skype dimulai pada awal tahun 2000-an sebagai perangkat lunak aplikasi obrolan video. Skype adalah cara terbaik untuk menelepon dan mengirim SMS ke orang-orang dengan gratis. 
Aplikasi ini memiliki lebih dari 300 juta pengguna harian aktif. Microsoft memiliki Skype dan mengintegrasikannya dengan Microsoft Office sehingga mudah digunakan untuk bisnis.
Dengan konektivitas Skype, pengguna dapat terhubung, berkomunikasi, dan berkolaborasi dengan kolega, konsumen, bisnis lain, dan siapa pun yang menggunakan Skype.
Tidak seperti WhatsApp, pengguna harus menyetujui kontak sebelum mengirim pesan menjadikannya alternatif yang sedikit lebih pribadi dalam pengaturan bisnis.

[amd]

Baca Selanjutnya: Signal…


Like it? Share with your friends!

138
1.1k shares, 138 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format