6 Tips agar Pencarian di Google Jitu dan Hasilnya Sesuai yang Dicari Halaman all

situsjodoh.com pastiterjual.com

StikerWA.com – Google merupakan salah satu mesin pencari yang banyak digunakan ketika kita ingin mencari beragam informasi di dunia maya.
Tahukah Anda, ada sejumlah trik yang bisa dipraktikkan agar hasil pencarian sesuai yang kita inginkan.
Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa trik browsing dengan Google Search agar hasil yang muncul lebih efektif:
1. Tanda petik (“): mencari secara tepat
google.com Tampilan google search menggunakan tanda kutip
Jika ingin mencari frase klimat yang sama persis, atau kalimat yang urutannya sesuai, tambahkan tanda petik (“) di kotak pencaria. Misalnya, Anda ingin mencari informasi seputar lele rawon, maka ketikkan: “lele rawon”.
Melansir PC Mag, melakukan pencarian tanpa kutipan akan menampilkan hasil yang menggunakan semua kata-kata itu, tanpa berurutan.
2. Tanda bintang (*): mencari kata yang hilang
google Tampilan google search
Melansir Lifehack, tanda bintang (*) dapat digunakan saat kita ingin mencari sesuatu, tetapi tidak ingat kata-katanya secara utuh.
Pencarian menggunakan cara ini bermanfaat ketika ingin mencari lirik lagu. Anda hanya perlu mengingat sepotong dari lirik yang dicari, jika memang tak ingat kata selanjutnya.
Contohnya, mencari lirik lagu Peterpan, tetapi hanya ingat beberapa kata. Contoh, ketikkan “Bayangkanku mela* menghilang” maka Google akan memunculkan lirik lagu secara lengkap menggenapi bagian yang tidak kita ingat.
3. Tanda minus (-): menyingkirkan hasil pencarian yang tidak diinginkan
google.com Memilah hasil pencarian google search
Memakai tanda minus (-) dapat membantu kita menampilkan hasil pencarian dengan menghilangkan hasil pencarian yang tidak kita inginkan.
Misal, kita ingin mencari sayur balado, tetapi tidak ingin menampilkan hasil pencarian sayur balado yang menggunakan terong.
Maka, cara pencariannya adalah dengan mengetikkan: sayur balado -terong.
4. Mencari di antara dua nilai atau waktu
Mengutip Lifehack, jika ingin mencari sesuatu di antara dua nilai atau waktu tertentu, maka dapat menggunakan titik sebanyak dua kali (..)
Misalnya, kita ingin mencari presiden Indonesia tahun 2000-2020 maka ketikkan: Presiden Indonesia 2000..2020
5. Mencari hasil berdasarkan file type
Ketika ingin mencari sesuatu berdasarkan format tipe file tertentu, maka dapat menggunakan perintah: filetype: (tipe file yang diinginkan).
Contohnya, mencari makalah tentang bakteri dengan tipe file ppt, maka ketik dalam mesin pencari: filetype: ppt makalah bakteri.
6. Mencari info dari situs web tertentu
google.com mencari informasi dari situs tertentu
Melansir PC Mag, jika ingin mencari informasi dari situs tertentu, Anda dapat melakukannya di kotak pencarian Google dengan format pengetikan: informasi yang diinginkan:situs yang ingin dimunculkan.
Misalnya, ingin mencari informasi seputar pemberitaan Jokowi hanya dari situs StikerWA.com, maka dapat dilakukan dengan mengetik: Jokowi:StikerWA.com.
Selamat mencoba!