7 Mesin Pencari Terpopuler di Dunia Selain Google, Salah Satunya Baidu

3 min


126
969 shares, 126 points

Ilustrasi Bing. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com – Di era teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, hampir sebagian besar orang tidak lepas dari internet. Banyak kegiatan yang kini bisa dilakukan secara digital maupun online seperti menjual, membeli, mengirim uang, rapat, memesan tiket, bahkan mencari tahu alamat tempat.
Orang hanya perlu membuka mesin pencari, dan yang paling kerap digunakan adalah google. Dengan google, banyak jawaban atas pertanyaan sepele dalam hati kita terjawab dalam beberapa detik.
Itu merupakan terobosan luar biasa dalam kurun waktu 20 tahun sebelum era internet. Kini tidak perlu repot-repot untuk pergi ke perpustakaan, buku-buku bisa diakses melalui perpustakaan online atau membaca ringkasan di salah satu media online.
Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya di dunia ini tidak hanya google yang digunakan sebagai mesin pencari? Ada beberapa lainnya seperti bing maupun yahoo, dan bahkan di beberapa negara, google bukanlah mesin pencari prioritas yang sering digunakan.
Berikut Merdeka merangkum daftar mesin pencari terpopuler di dunia yang bisa menjadi opsi Anda selain google dilansir dari reliable soft:
Mengapa Google Begitu Digemari?

Tidak perlu perkenalan lebih lanjut. Raksasa mesin pencari ini memegang tempat pertama dalam pencarian dengan perbedaan menakjubkan 89,43% dari tempat kedua di tempat Bing.
Menurut statistik dari netmarketshare, statista dan statcounter, Google mendominasi pasar di semua negara pada perangkat apa pun (desktop, seluler, dan tablet).
Apa yang menjadikan Google mesin pencari terpopuler dan terpercaya adalah kualitas hasil pencariannya. Google menggunakan algoritme canggih untuk menyajikan hasil paling akurat kepada pengguna. Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, memiliki gagasan bahwa situs web yang dirujuk oleh situs web lain lebih penting daripada yang lain dan dengan demikian berhak mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.
Selama bertahun-tahun, algoritma peringkat Google telah diperkaya dengan ratusan faktor lainnya (termasuk bantuan pembelajaran mesin) dan masih tetap menjadi cara paling andal untuk menemukan apa yang Anda cari di Internet.

Mesin Pencari Terpopuler Selain Google

Microsoft Bing
Bing diubah namanya menjadi Microsoft Bing pada Oktober 2020.
Mesin pencari alternatif terbaik untuk Google adalah Microsoft Bing. Pangsa mesin pencari Bing berada di antara 2,83% dan 12,31%.
Bing adalah upaya Microsoft untuk menantang Google dalam pencarian, tetapi terlepas dari upaya mereka, mereka tetap tidak berhasil meyakinkan pengguna bahwa mesin pencari mereka dapat diandalkan seperti Google.
Pangsa pasar mesin pencari mereka selalu rendah meskipun Bing adalah mesin pencari default di PC Windows.
Bing berasal dari mesin pencari Microsoft sebelumnya (MSN Search, Windows Live Search, Live Search), dan menurut Alexa rank adalah situs web yang paling banyak dikunjungi # 30 di Internet.
Yahoo
Yahoo adalah salah satu penyedia email paling populer dan mesin pencari webnya menempati posisi ketiga dalam pencarian dengan rata-rata pangsa pasar 1%.
Dari Oktober 2011 hingga Oktober 2015, pencarian Yahoo didukung secara eksklusif oleh Bing. Pada Oktober 2015 Yahoo setuju dengan Google untuk menyediakan layanan terkait pencarian dan hingga Oktober 2018, hasil Yahoo didukung oleh Google dan Bing.
Mulai Oktober 2019, Yahoo! Pencarian sekali lagi disediakan secara eksklusif oleh Bing.
Yahoo juga merupakan mesin pencari default untuk browser Firefox di Amerika Serikat (sejak 2014).
Portal web Yahoo sangat populer dan menempati peringkat ke-11 situs web yang paling banyak dikunjungi di Internet (Menurut Alexa).
Baidu
Baidu memiliki pangsa pasar global antara 0,68% dan 11,26%.
Baidu didirikan pada tahun 2000 dan merupakan mesin pencari paling populer di China. Pangsa pasarnya terus meningkat dan menurut Wikipedia, Baidu melayani miliaran permintaan pencarian per bulan. Saat ini peringkat di posisi 4, di Alexa Rankings.
Meskipun Baidu dapat diakses di seluruh dunia, itu hanya tersedia dalam bahasa Cina.

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Yandex.ru

Yandex, mesin pencari terpopuler Rusia, memiliki pangsa pasar global antara 0,5% dan 1,16%.
Menurut Alexa, Yandex.ru termasuk di antara 30 situs web paling populer di Internet dengan posisi peringkat 4 dalam bahasa Rusia.
Yandex menampilkan dirinya sebagai perusahaan teknologi yang membuat produk dan layanan cerdas yang didukung oleh pembelajaran mesin.
Menurut Wikipedia, Yandex mengoperasikan mesin pencari terbesar di Rusia dengan sekitar 65% pangsa pasar di negara tersebut.
DuckDuckGo
Pangsa pasar mesin pencari DuckDuckGo adalah sekitar 0,45%.
Menurut statistik lalu lintas DuckDuckGo, mereka melayani rata-rata 47 juta pencarian per hari tetapi pangsa pasar mereka secara keseluruhan tetap di bawah 0,5%.
Tidak seperti yang diyakini kebanyakan orang, DuckDuckGo tidak memiliki indeks pencarian mereka sendiri (seperti Google dan Bing) tetapi mereka menghasilkan hasil pencarian mereka menggunakan berbagai sumber .
Dengan kata lain, mereka tidak memiliki datanya sendiri tetapi mereka bergantung pada sumber lain (seperti Yelp, Bing, Yahoo, StackOverflow) untuk memberikan jawaban atas pertanyaan pengguna.
Ini adalah batasan besar dibandingkan dengan Google yang memiliki sekumpulan algoritma untuk menentukan hasil terbaik dari semua situs web yang tersedia di Internet.
Sisi positifnya, DuckDuck Go memiliki antarmuka yang bersih, tidak melacak pengguna dan tidak sepenuhnya memuat iklan.
Ask.com
Sebelumnya dikenal sebagai Ask Jeeves, Ask.com menerima sekitar 0,42% dari pangsa pencarian. ASK didasarkan pada format pertanyaan / jawaban di mana sebagian besar pertanyaan dijawab oleh pengguna lain atau dalam bentuk jajak pendapat.
Ia juga memiliki fungsi pencarian umum tetapi hasilnya kurang berkualitas dibandingkan dengan Google atau bahkan Bing dan Yahoo.

Ecosia

Ecosia adalah bisnis sosial berbasis di Berlin yang didirikan oleh Christian Kroll pada tahun 2009. Alasan utama ecosia didirikan adalah untuk membantu mendanai penanaman pohon dan proyek restorasi. Ini dikenal sebagai “mesin pencari penanaman pohon”.
Bagaimana cara kerja ecosia? Ecosia adalah mitra Bing, artinya hasil pencariannya didukung oleh Bing. Ecosia menghasilkan uang untuk mendukung perencanaan pohon dengan menampilkan iklan di hasil pencarian mereka. Setiap kali iklan diklik, ecosia mendapat bagian kecil. Diperkirakan dibutuhkan sekitar 45 pencarian untuk membiayai penanaman satu pohon.
Dari sisi pangsa pasar mesin pencari, pangsa Ecosia berkisar 0,10%.
 

[amd]

Baca Selanjutnya: Mengapa Google Begitu Digemari?…


Like it? Share with your friends!

126
969 shares, 126 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format