Arti Emoticon WhatsApp yang Sering Digunakan

2 min


100
709 shares, 100 points

Jakarta, StikerWA Indonesia — Emoticon atau emotikon memainkan peran penting dalam komunikasi tulis.
Seiring dengan perkembangan internet dan media sosial seperti WhatsApp, penggunaan emotikon dalam komunikasi online menambah kesan percakapan yang lebih santai, ramah, dan ekspresif.
Selain berfungsi sebagai representasi perasaan melalui gambar, emotikon pun tak jarang digunakan sebagai pengganti kata.




Namun, apakah selama ini emotikon WhatsApp yang kamu gunakan benar-benar sesuai dengan artinya?
Berikut arti emoticon WhatsApp yang sering dipakai menurut CNNIndonesia.com dirangkum dari Emojipedia.org:

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Foto: StikerWA Indonesia/Timothy LoenArti emoticon WhatsApp. Infografis 5 Emoji korban Salah Kaprah. 


1. Wajah Tertidur (Sleeping Face)
Emotikon wajah mengantuk dilambangkan dengan mata tertutup lesu, mulut terbuka sembari mengeluarkan huruf “zzz”, sebuah tanda familiar dari orang yang tertidur.
Emotikon ini digunakan untuk menunjukkan arti sedang tidur, mengantuk, atau bahkan merasa bosan. Beberapa platform menggunakan warna untuk “zzz” antara ungu dan biru.
Versi lain dari emotikon ini adalah ‘wajah mengantuk atau sleepy face’ dengan gelembung ingus keluar dari hidung. Emotikon ini lebih spesifik menunjukkan perasaan letih sebelum tidur.
2. Wajah dengan Termometer (Face with Thermometer)
Emoji wajah dengan termometer berarti sedang sakit, khususnya berkaitan dengan naiknya suhu tubuh, seperti demam, batuk, dan flu.
Hal ini terlihat dari indikator termometer yang tampak naik, namun sebagian orang juga menggunakannya saat suhu tubuh menurun (dingin). Penggunaan lainnya adalah bagi pasien rumah sakit.
Emoji ini punya kemiripan arti dengan ‘wajah ditutupi masker atau face with medical mask’ yang sama-sama menggambarkan orang yang sedang sakit.
3. Wajah Berpesta (Partying Face)
Emotikon wajah berpesta digunakan untuk selebrasi kebahagiaan seperti ulang tahun, hari raya, atau tahun baru. Emoji ini secara umum juga bisa dipakai untuk mengekspresikan perasaan senang secara umum.
Ekspresi pada emoji ini mirip seperti ‘mencium dengan mata tertutup atau kissing face with closed eyes’ tetapi disertai juga beragam atribut yang biasa ada di dalam pesta, seperti topi pesta, confetti, dan terompet.
4. Tersenyum dengan Kacamata Hitam (Smiling Face with Sunglasses)
Emoji ini dalam bahasa sehari-hari direpresentasikan sebagai gaya yang keren. Emoji ini erat kaitannya dengan perasaan percaya diri, riang, dan sesuatu yang luar biasa.
Namun kacamata hitam juga seringkali menjadi atribut saat sedang traveling, khususnya ke pantai.
5. Wajah Menangis (Crying Face)
Emotikon ini memiliki arti kesedihan, merasa tersakiti, atau kecewa. Rasa sedih pada emotikon ini dapat dikatakan lebih ringan mengingat hanya salah satu mata yang meneteskan air mata.
6. Wajah Menangis Keras (Loudly Crying Face)
Emotikon ini menggambarkan kesedihan yang mendalam sampai menangis cukup keras. Ekspresi ini lebih intens dibanding emotikon wajah menangis sebelumnya karena air mata mengalir sangat deras.
Bahkan pada beberapa platform memperlihatkan air mata membanjiri bagian bawah wajah.
Terlepas dari nuansanya yang sedih, emotikon ini kadang digunakan untuk melengkapi ungkapan tertawa terbahak-bahak seperti emotikon wajah tertawa sampai menangis atau face with tears of joy.
7. Wajah Marah Merah (Pouting Face)
Emotikon ini mempunyai arti rasa marah, kesal, atau kebencian yang mendalam, yang lebih intens dibanding emoji wajah marah biasa (angry face).
Versi ini menampilkan alis mata yang miring ke bawah, mata melotot, dan mulut cemberut disertai warna merah di seluruh wajah.
Sebagian platform menampilkan warna merah dengan gradasi bagian dahi lebih terang dibanding dagu atau sebaliknya.
8. Dua Tangan Mengatup (Folded Hands)
Arti emoticon WhatsApp ini beragam. Ada yang menganggap seperti gestur sedang berdoa, meminta maaf, meminta tolong, memohon, atau ucapan terima kasih.
Dalam beberapa kultur, gestur ini juga dapat diartikan sebagai salam ramah (namaste) ketika bertemu orang lain. Meski ada juga yang mengartikan sebagai tos atau high five, namun maksud penggunaannya lebih jarang.
9. Bertepuk Tangan (Clapping Hands)
Emotikon tepuk tangan diartikan sebagai bentuk apresiasi, pujian, atau rasa kagum. Beberapa platform menampilkan kedua tangan yang sejajar sehingga nampak seperti gestur berdoa atau memohon.
10. Tangan Terangkat (Raising Hands)
Emotikon ini umumnya menyatakan rasa bahagia, puas, atau selebrasi keberhasilan. Dalam beberapa kebudayaan, tangan terangkat juga diartikan sebagai rasa syukur haleluya, sementara Jepang dikenal dengan istilah banzai.
Penggunaan lainnya seperti istilah “arms in the air” yang kerap disuarakan oleh penyanyi kepada penonton dalam konser musik.

Arti Emoticon WhatsApp yang Sering Digunakan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


Like it? Share with your friends!

100
709 shares, 100 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
1
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
1
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format