Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku 15 Mei & Nasib Akun Kamu

1 min


117
879 shares, 117 points

Jakarta, CNBC Indonesia – Dalam 10 hari lagi WhatsApp akan memberlakukan peraturan privasi barunya. Pengguna akan diberi pilihan untuk menyetujui maupun tidak aturan tersebut.
Sebelumnya aturan tersebut direncanakan diberlakukan pada 8 Februari 2021. Namun untuk meluruskan disinformasi akhirnya ditunda hingga 15 Mei 2021 mendatang.

Bila setuju maka pengguna mengizinkan WhatsApp untuk membagikan datanya pada induk usahanya Facebook. Meski praktik tersebut juga sudah dilakukan sejak lama oleh WhatsApp.

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Sejumlah data yang dibagikan tersebut adalah level baterai, kekuatan sinyal perangkat, versi aplikasi, informasi browser, jaringan seluler, dan informasi koneksi (termasuk nomor telepon, operator seluler atau (ISP). Selain itu juga ada data bahasa dan zona waktu, alamat IP, informasi sistem operasi perangkat, dan identifikasi unik terkait dengan perangkat atau akun yang sama.
Menurut WhatsApp, aturan baru tidak akan mengubah cara komunikasi pada pengguna. Termasuk juga end-to-end encryption yang tetap digunakan dan membuat WhatsApp tak bisa membaca pesan penggunanya seperti dikutip dari WhatsApp, Rabu (5/5/2021).
WhatsApp juga mengklaim pihak perusahaan tidak dapat nelihat lokasi yang dibagikan pengguna. Serta Facebook tak diberikan kontak pengguna WhatsApp, dikutip laman BGR.
Namun bila pengguna tidak menyetujui aturan tersebut pengguna punya waktu selama 120 hari untuk berpikir dengan keputusan. Selama waktu itu akun akan dikatakan tidak aktif.
Akun tersebut tidak bisa melakukan fungsi membaca dan menulis hanya dapat menerima panggilan dan notifikasi. Setelah lewat waktu itu akun akan otomatis terhapus.
Pengguna yang menghapus akun dan menginstall ulang pun tidak bisa lepas dari aturan ini. Kamu tetap harus menyetujui aturan tersebut. Pengguna dengan nomor baru pun harus menyetujui kebijakan privasi itu baru dapat menggunakan WhatsApp.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)


Like it? Share with your friends!

117
879 shares, 117 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format