Batasi Penggunaan Facebook di Masa Karantina Bantu Redakan Kecemasan Halaman all

1 min


136
1.1k shares, 136 points
situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja nonton film online resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

StikerWA – Agaknya sulit bagi banyak orang untuk tidak menggunakan media sosial, termasuk Facebook selama satu hari. Apalagi, di masa karantina di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang. Namun, apakah media sosial mendekatkan kita dengan orang lain di saat kita menerapkan jarak sosial? Penelitian terbaru mengungkapkan sebaliknya. Media sosial bahkan berpotensi meningkatkan kecemasan seseorang. Baca juga: Waspadai Gejala Kecemasan Selama Pandemi Covid-19 Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Computers in Human Behavior itu melibatkan sebanyak 286 partisipan. Seluruh partisipan melaporkan, mereka menghabiskan setidaknya 25 menit per hari bermain Facebook, meskipun waktu pemakaian rata-rata adalah satu jam atau lebih. Setengah partisipan dibagi ke dalam kelompok kontrol yang menggunakan Facebook seperti biasa, dan setengah lainnya diminta mengurangi waktu pemakaian media sosial tersebut 20 menit per hari selama dua minggu. Hasil penelitian mengungkap, kelompok yang mengurangi pemakaian Facebook mengembangkan kebiasaan yang lebih sehat setelah dua minggu, termasuk lebih aktif secara fisik dan tidak terlalu banyak merokok. Baca juga: Tipe Kepribadian yang Rentan Kecemasan Selama Pandemi Covid-19 Kelompok ini juga menunjukkan gejala depresi yang lebih rendah, serta tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi dibandingkan kelompok pertama. Efek ini berlanjut selama tiga bulan setelah penelitian berakhir. “Lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk menggunakan Facebook mengarah pada lebih banyak kesejahteraan dan gaya hidup yang lebih sehat.” Demikian kata pemimpin penulis studi, Julia Brailovskaia, Ph.D, yang bekerja di Pusat Penelitian dan Perawatan Kesehatan Mental di Ruhr-University Bochum di Jerman. “Waktu online yang lebih sedikit berkontribusi pada lebih banyak aktivitas fisik, dan itu penting bagi kesehatan kita,” katanya. “Hal itu juga mengurangi kebiasaan merokok. Secara umum, sangat penting untuk mengurangi waktu di dunia online dan menghabiskan lebih banyak waktu secara offline.”
Baca juga: Mengatasi Stres di Tengah Ancaman Virus Corona

Walau penelitian ini dilakukan sebelum pandemi Covid-19, Brailovskaia percaya hasilnya akan sama di tengah penyebaran virus global. Bahkan ia menyarankan, melakukan detoksifikasi digital saat ini jauh lebih penting daripada sebelumnya. “Seiring meningkatnya waktu penggunaan Facebook selama pandemi, ini dapat berdampak negatif pada kesejahteraan,” katanya.Menurut Brailovskaia, membaca semua informasi negatif secara online di media sosial, termasuk Facebook menumbuhkan gejala kecemasan, panik, dan stres. “Itu juga meningkatkan kecenderungan kecanduan, karena kita terus-menerus memeriksa beranda dan tidak nyaman ketika tidak online.”
Baca juga: Gangguan Psikosomatis, Saat Stres Melampaui Batas Perasaan memperoleh informasi tidak sama dengan perasaan terhubung, menurut Brailovskaia. Ia merekomendasikan pengurangan waktu di media sosial seperti Facebook, terutama jika kita memiliki perasaan tertekan atau cemas. “Ketika kita merasa kesepian, keluarkan ponsel dan telepon seorang teman.” “Banyak hal yang bisa kita katakan kepada seseorang dan fokus mendengarkan suaranya,” pungkasnya.Baca juga: 9 Teknik Relaksasi untuk Atasi Stres


Like it? Share with your friends!

136
1.1k shares, 136 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format