Cara Menandai Pesan Penting di WhatsApp agar Mudah Dicari

situsjodoh.com pastiterjual.com

StikerWA.com – Dari sekian banyak obrolan lewat WhatsApp, kadang ada bagian penting yang bisa sulit dicari apabila kelak perlu dilihat kembali, apalagi kalau sudah tenggelam oleh pesan-pesan baru.WhatsApp sebenarnya memiliki fitur khusus untuk mempermudah pencarian pesan penting seperti ini, yaitu Starred Messages.Dengan Starred Messages, pengguna WhatsApp bisa menandai pesan penting dengan “bintang”. Pesan tadi kemudian dikumpulkan di satu tempat khusus bersama pesan-pesan lain yang mendapat tanda serupa sehingga lebih mudah ditemukan.Baca juga: Cek Hoaks di WhatsApp lewat Chatbot Kalimasada, Begini Caranya
Cara menggunakannya mudah. Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke dalam jendela percakapan grup atau lawan bicara.
Lalu, pilih dan tekan (hold) percakapan yang ingin ditandai selama beberapa saat hingga warna sorotan (highlight) chat bubble berubah menjadi hijau, seperti ilustrasi gambar berikut. 
StikerWA.com/Bill Clinten Cara menandai pesan dengan fitur Starred Message.
Setelah itu, pilih ikon berupa bintang yang mejeng di bagian atas jendela percakapan. Selesai, percakapan yang dipilih akan dibubuhi dengan tanda bintang dan akan otomatis bakal di simpan ke dalam daftar Starred Messages.Kumpulan pesan penting dari semua kontak
Untuk melihat daftar tersebut, pengguna cukup kembali ke tampilan utama WhatsApp lalu klik ikon “tiga titik” yang terletak di bagian kanan atas aplikasi. Selanjutnya, pilih menu ” Starred messages”. WhatsApp kemudian akan menampilkan jendela baru berisi kumpulan pesan-pesan yang telah dibubuhi bintang.
Pesan-pesan di sini bukan hanya berasal dari satu kontak saja, melainkan semua kontak yang memiliki percakapan dengan bagian penting yang ditandai lewat Starred Messages tadi.
StikerWA.com/Bill Clinten Cara melihat daftar pesan yang sudah ditandai dengan Starred Messages.
Deretan pesan tersebut diurutkan berdasarkan waktu pengiriman/penerimaan pesan. Artinya, pesan teratas merupakan pesan terbaru dan pengguna perlu menggulirkan (scroll) layar ke bawah untuk melihat pesan lama yang sudah ditandai.Baca juga: WhatsApp Bakal Ganti Fitur Arsip dengan Read Later, Apa Fungsinya?
Nah, apabila pesan yang tercantum di halaman itu di-klik, maka pengguna akan diantarkan ke jendela percakapan yang menjadi sumber dari pesan tersebut.
Untuk menghapus tanda bintang dari pesan, cukup pilih dan tekan pesan yang diinginkan di halaman Starred Messages atau di jendela percakapan terkait. Kemudian, klik ikon bintang dengan coretan yang tampil di deretan menu di bagian atas.