Cara Menggunakan Google Drive dengan Benar, Ketahui Manfaatnya untuk Data Penting

3 min


137
1.1k shares, 137 points

Google Drive tawarkan tempat penyimpanan online 5GB gratis. © Androidandme.com

Merdeka.com – Cara menggunakan Google Drive sebaiknya perlu Anda ketahui. Sebab, kini berbagai data penting haruslah dicadangkan agar terjamin keamanan serta kualitasnya. Seperti yang diketahui, kini berbagai data pun selalu dibuat dan disimpan dalam bentuk digital bukan lagi dengan cara yang konvensional.
Suatu saat, berbagai dokumen penting yang telah dibuat tersebut pasti akan dibutuhkan kembali. Namun, menyimpan banyak dokumen di gawai Anda pun sebenarnya juga tidak cukup aman dan terlindungi.
Anda membutuhkan pencadangan dokumen yang lebih terjamin. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan fitur dari Google.
Seiring berjalannya waktu, kini Google Drive pun hadir dengan tingkat keamanan dan kapasitas yang selalu ditingkatkan. Hal ini tidak lain untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna.
Berbagai cara menggunakan Google Drive pun kini dapat dilakukan dengan mudah seperti mengunggah hingga membagikan dokumen Anda. Simak penjelasan selengkapnya mengenai cara menggunakan Google Drive yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.
Manfaat Menggunakan Google Drive

Sebelum mengetahui cara menggunakan Google Drive, ada baiknya untuk memahami beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan Google Drive. Tak banyak yang tahu ternyata selain untuk menyimpan dokumen penting, pengguna pun juga dapat memperoleh manfaat tersembunyi dari Google Drive. Berikut penjelasannya:
Menyimpan Dokumen Penting
Manfaat pertama yang dapat diperoleh dengan menggunakan Google Drive adalah sebagai wadah penyimpanan dokumen dan data penting. Hingga saat ini, satu akun Google Drive dapat memuat file hingga total 15 GB. Kapasitas ini dapat ditambah saat pengguna memperbarui akun dengan Google One.

©2015 Merdeka.com
Menyimpan Link
Tak banyak yang mengetahui, rupanya Google Drive juga dapat digunakan untuk menyimpan link. Caranya, Anda hanya perlu menghubungkan Google Drive Anda dengan ekstensi pada aplikasi browser yang sedang diakses seperti Google Chrome. Setelah itu, klik Save to Google Drive lalu klik ikon segitiga yang muncul pada browser untuk menyimpan link.
Membuat Mind Map
Rupanya, Google Drive juga menyediakan aplikasi yang memudahkan Anda untuk membuat mind map. Anda dapat membuka Mind Mup dan membuat mind map sesuai dengan selera. Saat berhasil disimpan, maka Google Drive secara otomatis akan menambahkan file tersebut ke dalam ruang penyimpanan Anda.
Membuat Concept Board
Selain mampu membuat mindmap, pengguna juga dapat membuat concept board. Hal ini berguna saat pengguna ingin melakukan diskusi secara real time dengan mempermudah untuk menandai pada objek tertentu.

Cara Menggunakan Google Drive

Setelah memahami berbagai manfaat yang didapatkan melalui penggunaan Google Drive, tentu kita akan semakin tertarik untuk menggunakan Google Drive untuk membantu aktivitas hingga pekerjaan sehari-hari. Pada umumnya, Google Drive tersebut dapat diakses di berbagai gawai yang meliputi komputer, Android, dan iPhone hingga iPad.

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

©shutterstock.com/Alberto Zornetta
Untuk mendapatkan berbagai manfaatnya tersebut, hal pertama yang harus diketahui adalah dengan memahami cara menggunakan Google Drive. Pengguna tidak akan dapat memperoleh akses apabila tidak memiliki akun Google terlebih dahulu. Berikut penjelasannya:
Buat akun Google terlebih dahulu.
Kemudian buka fitur Google Drive yang terdapat pada gawai Anda. Jenis gawai yang berbeda biasanya juga mempengaruhi letak fitur Google Drive.
Setelah menemukannya, buka Google Drive atau dapat berkunjung langsung di drive.google.com.
Lakukan berbagai kepentingan yang dibutuhkan seperti mengunggah data, membuat mind map, membuat concept board, atau pun cukup menyimpan link.
Setelah selesai dan berhasil disimpan, Anda dapat mengatur tata letaknya hingga membagikan kepada kerabat ataupun rekan kerja.

Cara Mengunggah Data Penting

Salah satu cara menggunakan Google Drive yang cukup banyak mendapatkan perhatian adalah cara mengunggah data. Hal ini pun sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan.

© Digitaltrends.com
Pengguna dapat mengunggah satu file, beberapa file, bahkan satu folder sekaligus ke dalam fitur Google Drive. Berikut caranya:
Pada komputer, buka fitur Google Drive.
Setelah jendela tampilan Google Drive terbuka, klik Baru dan klik Upload File atau Upload Folder.
Pilih file atau folder dari komputer Anda.
Klik Simpan.
File ataupun Folder yang dipilih telah berhasil disimpan secara otomatis pada Google Drive.

Cara Mengedit Dokumen

Tidak hanya dapat menyimpan file Anda secara aman dan nyaman, Google Drive pun juga menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengedit dokumen pada folder penyimpanan.

©Shutterstock.com/Pressmaster
Cara menggunakan Google Drive yang satu ini jelas cukup memberikan keuntungan bagi pengguna. Beberapa cara mengedit yang dapat dilakukan pada dokumen Google Drive yakni sebagai berikut:
Membuat dokumen.
Mengubah tampilan paragraf dan font.
Menambahkan daftar berbutir atau bernomor.
Menyalin dan menempelkan teks serta gambar.
Mengedit dan melihat teks dari kanan ke kiri.
Menambahkan judul, tajuk, atau daftar isi dalam dokumen.
Menghapus dokumen, spreadsheet, atau presentasi.
Menyarankan edit dalam Google Dokumen.
Menambahkan atau menghapus kolom dalam dokumen.

Cara Membagikan Dokumen

Sama halnya dengan cara mengunggah dokumen, cara menggunakan Google Drive yang satu ini juga tak kalah mudahnya. Pihak Google rupanya juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membagikan dokumen yang tersimpan kepada pengguna lain, baik dalam bentuk satu hingga beberapa dokumen sekaligus.

©2012 Merdeka.com
Berikut caranya:
Buka fitur Google Drive.
Klik Dokumen lalu Spreadsheet atau Slide.
Klik file yang ingin dibagikan.
Klik bagikan.
[mta]

Baca Selanjutnya: Manfaat Menggunakan Google Drive…


Like it? Share with your friends!

137
1.1k shares, 137 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format