Cara Menggunakan Whatsapp Web di Komputer dan Laptop, Perhatikan Langkah Loginnya

2 min


137
1.1k shares, 137 points

Ilustrasi WhatsApp. ©2019 androidpolice.com
Merdeka.com – WhatsApp Web adalah versi browser dari aplikasi obrolan dan panggilan video/suara WhatsApp Messenger yang populer dari iOS dan Android. Desktop WhatsApp hadir dalam dua bentuk, yakni aplikasi sistem yang dapat diunduh untuk Mac dan Windows atau kemampuan untuk beroperasi langsung dari browser.
WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop berfungsi sebagai ekstensi dari akun WhatsApp seluler Anda, dan semua pesan disinkronkan antara ponsel dan komputer sehingga Anda dapat melihat percakapan di perangkat apa pun di mana pun pesan itu dimulai. Di sini, kami akan memandu Anda tentang cara menggunakan aplikasi browser WhatsApp.

Untuk mengoperasikan WhatsApp Web, Anda cukup klik URL-nya di Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau Edge dan pindai kode QR pada halaman dengan aplikasi seluler WhatsApp dari ponsel Anda. WhatsApp Web secara otomatis diluncurkan di browser dan tetap aktif sampai Anda keluar di komputer atau ponsel.
Whatsapp Web terutama meningkatkan efisiensi kerja, karena Anda tidak perlu lagi bolak-balik mengecek atau mengirim pesan lewat ponsel saat sedang bekerja di depan laptop atau komputer. Berikut ini adalah langkah-langkah yang lebih terperinci mengenai cara menggunakan Whatsapp Web yang dapat Anda ikuti, mengutip dari digitaltrends.com.
Cara Menggunakan Whatsapp Web

Berikut adalah langkah-langkah dari cara menggunakan WhatsApp Web:
Buka situs web WhatsApp di web.whatsapp .com.
Buka aplikasi WhatsApp di iPhone atau ponsel Android.
Pindai kode QR yang muncul di situs menggunakan aplikasi WhatsApp yang terdapat di ponsel.
Di iPhone, klik Pengaturan> WhatsApp Web / Desktop. Klik Pindai kode QR dan dekatkan ponsel Anda ke kode untuk memasangkannya.
Di ponsel Android, klik tiga titik di kanan atas dari panel Obrolan. Klik WhatsApp Web dan pindai kode QR.
Akun Whatsapp di smartphone Anda sekarang telah ditautkan ke Whatsapp versi web.
Dari sana, Anda dapat mengirim dan menerima pesan dari browser desktop komputer ataupun laptop.
Setelah memindai kode QR, Anda dapat melihat daftar obrolan WhatsApp Anda langsung di halaman web. Di sebelah kiri, Anda dapat melihat obrolan dengan mengklik kontak untuk membuka obrolan dan riwayat pesan, jika Anda menyimpannya.
Di kiri atas halaman Web, tersedia tiga ikon: Status, Obrolan baru, dan Menu, yang menawarkan daftar opsi bertingkat. Opsi Status mengungkapkan semua status yang diposting oleh kontak Anda bersama dengan kemampuan untuk merespons dari area balasan di bagian bawah panel. Mengklik Obrolan baru membuka daftar kontak di sisi kiri halaman. Dari sini, Anda dapat membuat grup baru atau memulai percakapan.
Menu tarik-turun tiga titik memungkinkan Anda membuat grup baru, mengubah informasi di profil, mencari obrolan yang diarsipkan, melihat pesan berbintang, mengubah pengaturan seperti pemberitahuan dan wallpaper obrolan, atau keluar.

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Mengirim Pesan dengan Whatsapp Web

Cara menggunakan Whatsapp Web sangatlah mudah, semudah menggunakannya sebagai aplikasi seluler. Terlebih, tampilan antarmukanya terlihat tidak asing. Untuk mengirim pesan dari desktop Anda, klik pada obrolan yang ada atau klik ikon Obrolan baru dan pilih kontak yang ingin Anda ajak berinteraksi.
Di sini, Anda dapat melihat obrolan sebelumnya, jika disimpan, atau sebagai alternatif, Anda melihat bilah pesan di bagian bawah. Klik pada Type a message bar dan mulailah berkirim pesan atau chatting. Setelah Anda selesai mengetik pesan, klik tombol Enter pada keyboard untuk mengirimkannya, atau cukup klik ikon Kirim.
Jika Anda ingin menyertakan dokumen, gambar, atau rekaman, cukup lampirkan file dari desktop dan kirimkan seperti yang Anda lakukan pada pesan lainnya dengan mengklik ikon Lampirkan klip kertas di bagian atas obrolan saat ini.

Instal WhatsApp di Sistem Anda

WhatsApp juga menawarkan opsi klien desktop untuk Windows atau Mac yang dapat Anda unduh langsung dari situs WhatsApp yang akan terlihat identik dengan aplikasi web. Setelah mengunduh di Windows, ikuti langkah-langkah penginstal. Di Mac, seret ikon WhatsApp ke folder Aplikasi Anda. Kemudian, luncurkan aplikasi desktop. Untuk versi browser web, Anda akan mendapatkan perintah untuk memindai kode QR dengan cara yang mirip dengan versi web.
Untuk keluar atau log out, kembali ke menu WhatsApp di ponsel Anda dan pilih Keluar dari semua perangkat, atau di komputer Anda dengan mengetuk ikon tiga titik di bagian atas percakapan, dan memilih opsi Keluar.
WhatsApp berencana untuk mengimplementasikan konferensi video desktop multi-pihak dalam aplikasi webnya untuk menampung hingga 50 peserta. Ini akan menjadi alternatif selain Zoom, Skype, dan Google Meet, dan menjanjikan kenyamanan yang sangat tinggi bagi pengguna WhatsApp. Fitur ini masih dalam versi beta dan belum dirilis ke masyarakat umum. Meski begitu, mode obrolan video grup sudah tersedia di versi seluler aplikasi.


Like it? Share with your friends!

137
1.1k shares, 137 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format