Cara Mengirim Tugas di Google Classroom Mudah, Belajar Lebih Efektif!

5 min


125
959 shares, 125 points

Ilustrasi Cara Mengirimkan Tugas di Google Classroom. Foto: Ist/Net

Cara mengirim tugas di Google Classroom sebenarnya tidaklah terlalu sulit bagi yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi ini. Namun terkadang juga cukup membingungkan bagi sebagian orang yang baru menggunakan aplikasi ini dalam beberapa saat.

Pada masa pandemi saat ini, semua siswa terpaksa harus mengikuti pembelajaran secara daring. Oleh karena itu, para siswa harus menguasai beberapa aplikasi yang akan digunakan dalam proses belajar daring.

Salah satu aplikasi belajar yang saat ini cukup populer digunakan di kalangan guru dan siswa adalah Google Classroom. Dalam penggunaannya, seringkali terdapat beberapa siswa yang merasa kebingungan dalam menggunakan aplikasi ini.

Mulai dari cara membuat akun, membuka materi, mengerjakaan tugas dan yang terpenting adalah tentang bagaimana cara mengirim tugas agar memperoleh nilai.

Baca Juga: Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Privasi Lebih Terjaga, Simak Triknya!

Mengetahui Cara Mengirim Tugas di Google Classroom Secara Mudah

Tahun ajaran yang baru 2020/2021 sudah dimulai pertengahan Juli. Namun, dampak dari pandemi yang hingga kini belum mereda membuat sebagian pelajar di Indonesia masih harus menjalankan pembelajaran daring dari rumah.

Dengan demikian, para siswa dan guru pun memanfaatkan berbagai platform untuk menunjang aktivitas belajar mengajar di rumah. Salah satu jenis platform yang cukup banyak digunakan oleh para siswa dan guru adalah Google Classroom.

Sejak Maret 2020 lalu, Google Classroom mulai populer di kalangan pengajar serta para siswa karena adanya himbauan belajar dari rumah selama pandemi Covid-19.

Tentang Aplikasi Google Classroom

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mengirim tugas di Google Classroom, ada baiknya Anda pahami tentang aplikasi pembelajaran daring satu ini.

Classroom adalah salah satu layanan online yang dibuat oleh Google yang lebih fokus untuk membantu di bidang pendidikan. Dengan demikian, hadirnya aplikasi ini sangat memudahkan guru dan siswa agar dapat selalu terhubung baik di dalam ataupun di luar kelas.

Dapat Anda artikan bahwa Classroom merupakan perangkat yang bermanfaat dalam pendistribusian, pembuatan serta pengumpulan tugas tanpa menggunakan kertas sedikit pun.

Dengan berbekal akun Gmail yang Anda miliki, maka Google Classroom pun dapat Anda akses secara mudah dan gratis. Saat ini, Classroom bekerja sama dengan produk Google lainnya. Seperti Google Spreadsheet, Google Dokumen, Google Kalender dan lain sebagainya.

Masing-masing kelas akan membuat folder terpisah dengan bantuan dari Google Drive dan selanjutnya akan dipisahkan oleh Code Class. Hebatnya lagi, aplikasi Google Classroom dapat Anda instal di HP Android maupun iOS.

Melalui aplikasi ini, para pengejar dapat memberikan tugas, dapat secara langsung di Google Classroom atau menggunakan dokumen dalam bentuk Ms. Word, Ms. Excel dan Ms. Power Point.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan komentar atas tugas yang telah Anda kirimkan. Untuk dapat mengetahui cara mengirim tugas di Google Classroom, tentunya Anda harus bergabung terlebih dahulu dengan menggunakan kode yang telah disediakan oleh para Guru atau Pengajar.

Baca Juga: Aplikasi TrueID TV Hadir dan Banyak Meluncurkan Serial Drama Terbaik

Cara Akses Google Classroom

Dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dapat membantu para siswa dan guru dalam mengorganisir tugas, meningkatkan kolaborasi serta menumbuhkan komunikasi yang lebih baik.

Aplikasi G-Suite yang cukup populer, seperti Document, Gmail, Calendar, Spreadsheet terintegrasi ke dalam Google Classroom. Selanjutnya Guru akan mengundang siswa ke kelas Google Classroom dengan menggunakan kode rahasia atau dari domain sekolah.

Melalui aplikasi ini semua guru dapat memulai proses pembelajaran, mendistribusikan serta memeriksa tugas siswa. Dan para siswa pun dapat mengirimkan tugas di Google Classroom dengan cara yang mudah dan cepat

Sebelum mengetahui langkah-langkah atau cara mengirim tugas di Google Classroom, hal penting yang perlu Anda ketahui pada aplikasi ini adalah cara mengaksesnya.

Berikut ini uraian singkat tentang bagaimana cara menggunakan Google Classroom bagi para siswa antara lain:

Langkah pertama, para siswa harus login terlebih dahulu pada aplikasi dengan menggunakan akun Gmail pada laman classroom.google.comBerikutnya, laman Classroom terbuka, lalu klik “tambah” yang terdapat pada sebelah kiri halaman Classroom, kemudian pilih gabung kelas.Langkah selanjutnya, masukkan kode yang telah dibagikan oleh para guru.Guru juga dapat membagikan tautan maupun link Classroom via email, Dengan demikian para siswa tinggal mengakses atau klik tautan tersebut agar dapat bergabung di aplikasi Google ClassroomSelanjutnya, riwayat kelas akan tersimpan secara otomatis pada aplikasi ini.

Cara Mengirimkan Tugas di Google Classroom Mudah

Berikut ini tutorial untuk menyerahkan tugas melalui aplikasi Google Classroom antara lain:

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Pertama, buka aplikasi Google Classroom pada perangkat Android maupun iOS Anda.Selanjutnya masuk ke kelas sesuai dengan yang Anda inginkan. Lalu buka tab Tugas KelasPada laman ini, Anda akan melihat daftar tugas yang telah dikirimkan oleh Guru. Anda pun dapat memilih tugas mana yang akan Anda kerjakan.Cara mengirimkan tugas di Google Classroom berikutnya adalah dengan geser slider yang terdapat pada bagian bawah ke atas.Selanjutnya klik tombol Tambahkan LampiranLangkah berikutnya, pilih dengan apa Anda ingin mengirimkan tugas. Sebagai contoh, jika Anda mengerjakan tugas di buku tulis, maka ambil foto dan foto tugas yang telah Anda kerjakan. Namun jika Anda mengerjakan tugas dengan cara diketik, maka Anda dapat mengirim tugas dengan menu File. Apabila Anda mengerjakan langsung dengan menggunakan Google Docs, maka cara mengirimkan tugas di Google Classroom dapat Anda lakukan dengan menu buat Dokumen Baru.Setelah Anda berhasil mengirim tugas melalui aplikasi Google Classroom, maka Anda akan melihat tugas yang telah dilampirkan. Lalu, dapat melampirkan lebih dari satu dokumen sesuai dengan yang Anda inginkan. Caranya adalah dengan klik Tombol Lampirkan. Apabila semua tugas telah Anda pilih, langkah berikutnya tinggal kirim dengan klik tombol serahkan.Berikutnya akan muncul jendela kecil yang meminta untuk mengkonfirmasi apakah file benar-benar akan Anda kirim atau tidak. Lalu klik Serahkan.Cara mengirimkan tugas di Google Classroom pun selesai dan tugas Anda berhasil terkirim ke aplikasi ini.

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Google Classroom

Selain cara mengirimkan tugas di Google Classroom yang mudah, terdapat beberapa kelebihan yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan aplikasi ini antara lain:

Proses setting pembuatan kelas yang cukup cepat dan nyaman dibandingkan harus menginstall LMS lokal atau mendaftarkan ke provider LMS.Lebih dapat menghemat waktu. Karena siswa tidak perlu mendownload tuga yang diberikan oleh guru. Guru pun membuat dan mendistribusikan dokumen untuk siswa secara online. Dengan demikian ada potensi penghematan waktu antara guru dan siswa.Bagi siswa, cara mengirimkan tugas di Google Classroom lebih mudah dan praktis.Kelebihan lain dari aplikasi ini dapat meningkatkan kerjasama serta komunikasi antara siswa dan guru secara efektif dan efisien.Penyimpanan data yang terpusat. Dengan demikian para siswa dapat melihat tugas-tugas mereka dalam folder tertentu. Para guru pun dapat menyimpan bahan pembelajaran dan kegiatannya untuk tahun ajaran secara cloud.Dengan aplikasi ini, semua pengguna dapat berbagi sumber daya yang lebih praktis, cepat dan efisien.

Fitur-Fitur Google Classroom

Pada aplikasi Google Classroom memiliki beragam kemudahan seperti layanan Google lainnya. Aplikasi ini sangat membantu lembaga pendidikan untuk lebih mudah dalam mengajar tanpa harus menggunakan materi fisik seperti buku, papan tulis, dan kelas. Berikut ini beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi Google Classroom antara lain:

Assignments (Tugas)

Setiap tugas dari guru yang telah diunduh oleh para siswa akan tersimpan dan memperoleh nilai pada rangkaian aplikasi produktivitas Google yang telah memungkinkan adanya kolaborasi online ini.

Guru bisa memilih file sebagai templat sehingga para siswa dapat mengedit salinan mereka sendiri. Selanjutnya kembali untuk memperoleh nilai. Dengan demikian, semua siswa dapat melihat, menyalin serta melakukan edit pada dokumen yang sama.

Selain itu, para siswa juga bisa memilih melampirkan dokumen lain dari Drive ke tugas. Dalam hal penyerahan tugas, cara untuk mengirimkan tugas di Google Classroom ini pun cukup mudah dan praktis untuk dilakukan para siswa.

Grading (Penilaian)

Dalam aplikasi Google Classroom mendukung beragam cara penilaian yang berbeda. Para guru pun mempunyai opsi untuk memantau kemajuan dari para siswa pada tugas yang telah mereka kerjakan. Tugas yang telah dibuahi dapat guru nilai dan kembalikan dengan komentar untuk memungkinkan siswa untuk merevisi tugas.

Arsip Pembelajaran

Ruang kelas yang terdapat pada aplikasi Google Classroom memungkinkan instruktur dalam mengarsipkan kursus akhir semester maupun tahun.

Maka sebuah pengarsipan kursus akan terhapus dari beranda serta berada pada Kelas Arsip guna membantu guru dalam mengatur kelas. Para guru juga siswa pun dapat melihat arsip pembelajaran akan tetapi tidak bisa mengubahnya hingga proses pemulihan.

Laporan Orisinalitas

Dengan adanya fitur laporan orisinalitas memungkinkan para pendidik serta siswa untuk dapat melihat bagian-bagian dari karya yang telah diajukan.

Aplikasi Seluler

Dengan aplikasi seluler ini memungkinkan para pengguna untuk mengambil foto serta melampirkan pada tugas yang akan mereka kirimkan, berbagi file dari aplikasi lain serta mendukung akses offline.

Sebelum mengulas tentang Menu People yang terdapat pada aplikasi Classroom, kita kembali mengulas tentang cara mengirim tugas di Google Classroom.

Sebenarnya pada proses pengiriman tugas, para siswa dapat membatalkan tugas yang akan mereka kerjakan apabila para siswa mendadak ragu atau file yang akan mereka unggah keliru.

Jika para siswa masih kurang paham terkait tugas yang telah guru berikan, mereka dapat bertanya pada kolom komentar kelas, atau pada kolom komentar privat.

Selanjutnya, pada aplikasi Google Classroom ini juga terdapat Menu People. Melalui menu ini, para siswa dapat melihat siapa saja teman-teman serta guru yang telah bergabung pada Google Classroom.

Selain itu, para siswa juga dapat mengirimkan email ke salah satu anggota dengan cara klik logo amplop putih pada sisi kanan. Pada logo tersebut nantinya mengarah ke halaman Gmail, yang mana para siswa dapat mengirimkan e-mail pribadi kepada teman maupun guru.

Dengan menggunakan aplikasi Google Classroom, para siswa dan guru dapat melakukan pembelajaran daring secara efektif, efisien dan sangat terjaminan keamanannya. Kemudahan lain dari aplikasi ini adalah cara mengirimkan tugas di Google Classroom yang sangat memudahkan para siswanya. Aplikasi ini juga dapat Anda akses kapan saja. (R10/HR Online)

Editor: Jujang


Like it? Share with your friends!

125
959 shares, 125 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format