Cara Ubah Setelan Privasi di WhatsApp, Lindungi Diri Dari Peretas!

2 min


122
929 shares, 122 points

Merdeka.com – WhatsApp adalah aplikasi perpesanan seluler terpopuler saat ini. Berbagai kemudahan membuatnya jadi wajib dimiliki setiap orang saat ini. Terlebih lagi, fiturnya tak cuma sekadar chat saja, namun juga panggilan telepon, dan juga video call, tanpa biaya seluler meski berkomunikasi antar negara.
WhatsApp sendiri saat ini sedang banyak diperhatikan soal privasinya. Beberapa waktu lalu, WhatsApp menggulirkan kebijakan baru untuk berbagi data pribadi ke Facebook khusus untuk WhatsApp varian bisnis. Meski hal ini berarti data Anda dijamin tidak dibagi, privasi di platform besutan Facebook ini jadi makin banyak disorot.
Aplikasi ini sendiri memiliki pengaturan khusus soal privasi yang memungkinkan pengguna untuk melihat kapan terakhir kali menggunakan aplikasi atau Last Seen, foto profil, informasi tentang Anda yang Anda isi sendiri, dan read receipts berupa centang biru. WhatsApp juga mengizinkan kontak Anda untuk melihat pembaruan status, dan tanpa izin berlebih Anda bisa dimasukkan siapa saja ke sebuah grup.
Nah, hal ini biasanya tidak jadi preferensi semua orang. Anda mungkin tidak ingin dilihat Last Seen, atau tidak ingin mendapatkan tanda centang biru ketika Anda telah membaca chat seseorang. Jika Anda ingin mengubahnya, berikut cara melakukannya.

Cara Mengubah Setting Privasi WhatsApp
Buka aplikasi WhatsApp
Ketuk Settings di bagian bawah menu
Pilih Akun
Pilih Privasi
Pilih pengaturan privasi yang ingin Anda ubah: ada last seen, foto profil, tentang Anda, grup, dan status Anda
Dari kesemua pilihan tersebut, Anda bisa menyetelnya untuk Siapapun, Kontak Anda, atau Nobody. Pilih sesuai preferensi Anda

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Cara Untuk Lindungi Privasi di WhatsApp

Selain cara di atas, ada setidaknya tujuh cara lagi untuk melindungi privasi Anda di aplikasi whatsApp. Berikut caranya:
Blokir kontak: Jika Anda khawatir orang tertentu bisa melihat profil, lokasi, atau status online Anda, jangan ragu untuk memblokir mereka hingga pengaturan privasi Anda tak perlu dikunci.
Ubah Pengaturan Privasi Grup: Jika Anda ingin mengontrol siapa yang melihat Anda di Grup WhatsApp, Anda bisa gunakan opsi “Kontak Saya Kecuali…” dan buat daftar pengecualian dari menu Privasi yang telah dijelaskan di atas.
Nonaktifkan Unduhan Media: Setelan default WhatsApp adalah mengunduh media yang masuk secara langsung ke galeri. Anda bisa menghalau hal ini terjadi dengan cara menonaktifkan fitur ini di bawah menu chat dan mematikan tombol “Simpan ke Camera Roll”.
Matikan Centang Biru: Jika fitur ini Anda matikan, siapapun tak akan tahu apakah pesan mereka yang dikirim ke Anda sudah dibaca atau belum.
Aktifkan Lock Screen: Aktifkan lock screen agar tidak ada yang membaca chat WhatsApp Anda ketika jauh dari smartphone. Lakukan dengan cara pilih lockscreen di menu privasi, dan pilih salah satu di antara empat opsi sebelum layar dikunci.
Matikan Live Location: Agar tidak terdeteksi lokasi lewat WhatsApp, Anda harus mematikan Live Location, namun fitur ini harus dimatikan dari layanan lokasi di setting smartphone Anda, sehingga secara keseluruhan GPS Anda mati.
[idc]Baca juga:Penyebab Hardisk Rusak yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Over HeatKetahui Penyebab Wi-Fi Limited Access dan Cara Mengatasinya, Berikut LangkahnyaKenali Penyebab Vape Meledak, Dampak dan 15 Tips Mencegahnya


Like it? Share with your friends!

122
929 shares, 122 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format