Cegah Penipuan Melalui Email, Facebook dan Instagram Kembangkan Fitur Antiphising

situsjodoh.com pastiterjual.com

Laporan Wartawan StikerWA.com, Fandi Permana
StikerWA.COM, JAKARTA – Aplikasi media sosial Facebook dan Instagram menanggapi serius ihwal banyaknya laporan dari para penggunanya yang mengeluhkan jadi korban pengambilan data secara ilegal.
Kasus pengguna yang mendapatkan email berisi pesan seorang pihak yang mengaku dari pihak Facebook dan Instagram, lalu meminta informasi pribadi seperti nama akun dan password seringkali terjadi.
Serangan phishing atau penipuan untuk mendapatkan informasi pribadi, kerap menimpa penggunanya terjadi di Facebook dan Instagram.
Biasanya, dalam serangan phising ini pelaku berpura-pura menjadi orang lain, dan berusaha mengelabui targetnya untuk menyerahkan sejumlah informasi pribadi. Penipu akan mengirim pesan melalui email yang seolah-olah berasal dari Facebook atau Instagram dengan menyertakan logo dan kata-kata yang cenderung meyakinkan si korban.
Baca juga: Aplikasi Clubhouse Ramai Diperbincangkan Warganet, Seperti Apakah Keseruannya?
Pesan ini memang akan sulit dipahami oleh sebagian orang untuk mengidentifikasi email asli dan email palsu karena template yang sekilas mirip dari Facebook.
Baca juga: Cara Membuat Teks Bergerak di Instagram Stories, Update Versi Terbaru Instagram
Untuk mencegah hal tersebut terjadi lagi, Facebook dan Instagram mengembangkan sebuah fitur keamanan yang dapat membantu penggunanya untuk tetap aman dan nyaman saat menggunakan platform tersebut.
Baca juga: Facebook Kurangi Distribusi Konten Militer Myanmar karena Dinilai Ekspos Informasi Palsu
Facebook maupun Instagram selalu menyarankan, apabila pernah menerima email yang mengaku dari Facebook, Anda bisa mengonfirmasi kebenaran pesan tersebut.
Berikut langkah-langkah pencegahan agar aman dan terhindar dari serangan Phising di Facebook dan Instagram:
1. Buka aplikasi Facebook di ponsel atau pc