Cek Fakta: Hoaks Akun Facebook BPJS Kesehatan Beri Bantuan TKW Rp 50 Juta

1 min


129
999 shares, 129 points

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Kepala Humas BPJS Kesehatan, M. Iqbal Anas Ma’ruf. Dia memastikan kalau akun itu bukan punya BPJS Kesehatan.
“Kami pastikan akun itu hoaks. Media sosial resmi BPJS Kesehatan sudah terverifikasi,” katanya melalui WhatsApp, Jumat (26/2/2021).
Iqbal menjelaskan semua informasi soal BPJS Kesehatan bisa dilihat melalui situs www.bpjs-kesehatan.go.id. Kemudian, akun media sosial resmi milik BPJS Kesehatan adalah @BPJSKesehatanRI untuk di Facebook dan bpjskesehatan_ri di Instagram.
Sebelumnya, juga melalui WhatsApp, Iqbal juga memastikan kalau BPJS Kesehatan tidak memberikan bantuan finansial dalam bentuk apapun.
“BPJS Kesehatan tidak pernah memberikan bantuan-bantuan finansial seperti itu. Ini murni hoaks. Semua informasi terkait BPJS Kesehatan bisa diakses melalui care center 1500 400 atau ke akun medsos resmi BPJS Kesehatan dan website resmi bpjs kesehatan bpjs-kesehatan.go.id,” ucap Iqbal.
Kemudian Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah artikel di kanal Regional Liputan6.com dengan judul: “Penipuan Berkedok Dana Bantuan BPJS, Warga Kediri Diminta Waspada”. Artikel itu dipublikasikan pada 24 Februari 2021.
Dalam artikel itu dijelaskan kalau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Kediri, Jawa Timur, mengimbau warga mewaspadai penipuan yang menggunakan nama BPJS Kesehatan dengan modus pemberian dana bantuan BPJS dari pusat.
Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang (KC) Kediri Hernina Agustin Arifin menegaskan bahwa informasi yang beredar di pesan telepon seluler tersebut tidak benar. BPJS Kesehatan tidak menjalankan program pemberian bantuan finansial kepada peserta JKN-KIS.
“BPJS Kesehatan tidak sedang ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan pemberian bantuan dana ataupun kompensasi seperti yang disampaikan dalam pesan teks. Untuk itu, masyarakat harap waspada atas upaya-upaya penipuan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan,” katanya.
Referensi Artikel:
https://surabaya.liputan6.com/read/4490908/penipuan-berkedok-dana-bantuan-bpjs-warga-kediri-diminta-waspada
 

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Like it? Share with your friends!

129
999 shares, 129 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format