CEO WhatsApp Semprot Apple yang Tak Mau Penggunanya Pakai Android

1 min


121
919 shares, 121 points

Suara.com – Perseteruan Facebook dan Apple terkait penerapan kebijakan privasi data terus meruncing. Kali ini, Head of WhatsApp, Will Cathcart menyebut kebijakan Apple bersifat diskriminatif dan tidak mendukung masyarakat yang menggunakan ponsel Android.

“Saya berasumsi bahwa Apple berkepentingan agar semua orang menggunakan iPhone,” kata Will Cathcart, dikutip dari Gadget Snow, Minggu (14/3/2021).

“Ini tentunya demi kepentingan strategis mereka bahwa orang tidak menggunakan sesuatu seperti WhatsApp karena mereka ingin orang tidak menggunakan smartphone Android,” tambahnya.

Menurut Will Cathcart, label privasi yang diterapkan Apple tidak ditampilkan dalam aplikasi pesan singkat buatannya, iMessage. Berbeda dengan WhatsApp yang ditampilkan dengan 16 label privasi, Apple justru tidak menampilkan label itu karena sudah terlebih dulu diinstall di iPhone.

Baca Juga:
Apple Watch Selamatkan Seorang Lelaki yang Hampir Membeku

CEO Apple, Tim Cook. [AFP/Apple Inc/Brooks Kraft].”Anda tidak melihat label untuk iMessage saat mengunduhnya karena tidak mendownload aplikasi dari App Store, melainkan sudah ada di ponsel. Jadi kami mengkritiknya,” cetus Will Cathcart.

Menurutnya, hal ini merugikan WhatsApp karena mereka bersaing dengan iMessage dari Apple. Di Amerika Serikat, iMessage lebih banyak digunakan pengguna ketimbang WhatsApp.

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Hal ini dikarenakan pengguna di Negeri Paman Sam banyak yang menggunakan iPhone dan memilih menggunakan aplikasi bawaan.

“Terlepas dari tujuan label itu, kami bersaing dengan iMessage dari Apple. Kami bersaing di Amerika Serikat, di mana lebih banyak orang menggunakan iMessage daripada WhatsApp. Kami bersaing di banyak tempat di seluruh dunia,” katanya.

Sebagai informasi, Apple menerapkan kebijakan App Transparency yang menampilkan berapa banyak aplikasi merekam data pengguna pada Januari lalu. Data ini akan ditampilkan dalam bentuk label di platform App Store.

Baca Juga:
Viral Emak-emak Ngamuk Anak Dimasukkan Grup WA, Suruh Berhenti Sekolah

Menurut label privasi Apple, WhatsApp dan Facebook Messenger mengumpulkan lebih banyak data dibandingkan dengan aplikasi perpesanan lainnya. Facebook Messenger dilaporkan memiliki 65 label, sementara WhatsApp mengambil 16 label.

Menanggapi pertanyaan tentang ponsel yang digunakan, Will Cathcart menyebut bahwa perangkatnya adalah Android. Namun ia juga masih menggunakan perangkat dari Apple seperti iPad.

“Saya juga menggunakan iPad, telah menggunakan iPhone bertahun-tahun. Tetapi saya benar-benar ingin menggunakan produk dengan layanan yang paling banyak dipakai pengguna. Jadi saya menggunakan Android,” papar Will Cathcart.

“Banyak orang menggunakan keduanya atau bolak-balik karena kami membuat produk untuk keduanya dan Anda harus memahami semuanya,” pungkasnya.


Like it? Share with your friends!

121
919 shares, 121 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format