Dittipidsiber Ingatkan Pengguna WhatsApp Waspadai SMS Mencurigakan, Kenapa?

1 min


131
1k share, 131 points
situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Liputan6.com, Jakarta – Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri kembali mengingatkan pengguna aplikasi WhatsApp untuk selalu berhati-hati saat menerima SMS yang mencurigakan, terutama jika terindikasi meminta kode OTP.
Hal itu diungkapkan melalui akun Siber Polri beberapa hari lalu. Dalam kicauan tersebut, Dittipidsiber Bareskrim Polri mengingatkan pengguna harus waspada saat menerima pesan teks yang berasal dari WhatsApp.
“Saat ini banyak cara bagi pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil alih akun WhatsApp,” tulis akun @CCICPolri. Dalam unggahan tersebut, Dittipidsiber juga menyertakan contoh SMS yang terindikasi merupakan upaya mengambil alih akun WhatsApp seseorang.

Salah satu contoh yang diberikan adalah modus salah mengirimkan kode enam digit ke nomor seseorang. Biasanya, penipu akan meminta penerima pesan untuk memberikan nomor yang diterimanya dan tanpa disadari itu adalah kode OTP WhatsApp.
Selain itu, ada pesan lain yang berisi informasi dari WhatsApp pengguna yang telah mengaktifkan akun bisnis. Karenanya, penerima pesan biasanya diminta untuk mengklik link yang disertakan.
“Jika Anda mendapatkan pesan teks dari Whatsapp, Jangan bagikan kode yang¬†Anda¬†dapatkan dan jangan klik link tersebut,” tulis akun Siber Polri lebih lanjut.
Modus lain yang baru-baru ini juga diketahui pesan singkat dengan bahasa asing yang disertai dengan kode enam digit di dalamnya. Sama seperti contoh pertama, biasanya penerima pesan akan dihubungi orang lain yang meminta kode enam digit tersebut.
Alasan yang diberikan pun biasanya mirip, yakni nomor tersebut salah kirim. Padahal, nomor yang diterimanya adalah kode OTP WhatsApp, sehingga jika diberikan ke orang lain, mereka dapat mengambil alih akun tersebut.


Like it? Share with your friends!

131
1k share, 131 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format