Facebook dan Instagram Hapus Akun Terkait Papua Barat

1 min


109
799 shares, 109 points

Jakarta, StikerWA Indonesia — Facebook dan Instagram menghapus puluhan akun dan halaman (pages) di Indonesia. Akun dan laman yang dihapus ini terkait konten soal Papua Barat. Facebook telah menghapus 69 akun Facebook, 42 halaman dan 34 akun Instagram yang disebut terlibat dalam pola perilaku tidak otentik dengan fokus Papua Barat.Alasan Facebook menghapus konten tersebut lantaran pemilik akun terdeteksi memiliki pola perilaku tidak otentik yang terorganisir (coordinated inauthentic behavior/CIB). “Orang-orang di belakang jaringan ini menggunakan akun palsu untuk mengelola Halaman, menyebarkan konten mereka dan mengarahkan orang ke situs di luar platform,” tulis Head of Cybersecurity Policy Nathaniel Gleicher dalam situs resmi Facebook.
Facebook mengatakan orang-orang ini memposting dalam bahasa Inggris dan Indonesia tentang Papua Barat. Beberapa halaman membahas konten yang mendukung gerakan kemerdekaan, tapi di sisi lain ada halaman yang lain memposting kritik terhadap gerakan kemerdekaan.Facebook bahkan mengungkap instansi yang menggerakan jaringan ini. Jejaring sosial ini menyebut perusahaan media bernama InsightID. Insight ID hadir di Facebook dan Instagram dengan 69 akun Facebook, 42 Halaman, dan 34 akun Instagram.”Meskipun orang-orang di balik kegiatan ini berusaha menyembunyikan identitas mereka, penyelidikan kami menemukan tautan ke perusahaan media Indonesia InsightID,” tulis Facebook.Facebook juga melaporkan sekitar 41 ribu akun diikuti oleh satu atau lebih Halaman ini dan sekitar 120 ribu akun diikuti setidaknya satu dari akun Instagram ini.
Perusahaan ini juga disebut menghabiskan sekitar US$ 300 ribu atau sekitar Rp4,2 miliar untuk membayar Facebook. Perusahaan membayar dengan menggunakan mata uang rupiah.Facebook juga memberi contoh dari konten yang dibagikan oleh halaman Facebook ini.”Kami mengidentifikasi akun-akun ini melalui investigasi yang sedang berlangsung terhadap dugaan perilaku tidak autentik yang terkoordinasi di wilayah tersebut,” tulis Nathaniel.


situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja nonton film online resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Contoh akun dan konten terkait Papua Barat yang dihapus di Facebook dan Instagarm (via Facebook)






Contoh akun dan konten terkait Papua Barat yang dihapus di Facebook dan Instagarm  (via Facebook)



Saat dikonfirmasi, Facebook Indonesia mengakui pemblokiran memang telah dilakukan oleh Facebook. “Betul (pemblokiran). Karena inauthentic behavior,” ujar juru bicara Facebook Indonesia lewat pesan teks, Jumat (4/10).Akun-akun ini diblokir bukan karena berita hoaks tapi karena pola CIB tersebut. (jnp/eks)


Like it? Share with your friends!

109
799 shares, 109 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format