Facebook Disebut Ingkar Janji Rekomendasikan Grup Politik

1 min


113
839 shares, 113 points

Rabu, 7 Juli 2021 11:39
Reporter : Merdeka

Ilustrasi Facebook. ©2019 vox.com

Merdeka.com – Facebook dituding mengingkari janjinya lantaran berulang kali berjanji tidak akan merekomendasikan grup politik pada pengguna. Kenyataannya, di tiga bulan setelah itu, perusahaan besutan Mark Zuckerberg justru merekomendasikan group bernama ‘Not My President’ kepada tiga pengguna.
Dilaporkan The Next Web, Rabu (7/7), grup tersebut merupakan satu dari ribuan grup politik yang direkomendasikan Facebook kepada penggunanya dalam proyek Citizen Browser oleh The Markup, selama lima bulan terakhir.
Beberapa grup lain mempromosikan klaim penipuan pemilu yang tidak mendasar pada bagian deskripsi grup atau unggahan di laman mereka. Sekadar informasi, Citizen Browser terdiri dari panel nasional berbayar dari pengguna Facebook yang secara otomatis mengirimkan data dari feed Facebook mereka untuk diteliti.
Rupanya, dalam waktu empat bulan, dari 1 Februari hingga 1 Juni, 2.316 anggota panel Citizen Browser menerima ratusan rekomendasi terkait promosi organisasi politik atau individu terkait politik. Secara total, sepertiga panelis dari Citizen Browser menerima rekomendasi untuk bergabung dengan salah satu grup di atas.
Facebook Klarifikasi

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Dari lebih dari 460.000 grup yang direkomendasikan kepada panelis, The Markup menggunakan klasifikasi berbasis kata kunci untuk menilai apakah grup-grup tersebut berisi dukungan untuk politisi, gerakan, partai, atau ideologi.
Kata kunci berdasarkan nama presiden, wakil presiden, dan semua anggota kongres yang menjabat. Hasilnya pun ditinjau secara manual untuk menghapus grup terkait tokoh non-politisi namun memiliki suku kata yang sama dengan politisi. Misalnya, musisi Al-Green. Facebook sendiri belum mengatakan bagaimana pihaknya mendefinisikan kelompok politik.
“Kami menggunakan sistem otomatis untuk mendeteksi grup yang berhubungan dengan masyarakat dan tidak merekomendasikan grup ini kepada orang-orang. Kami tengah menyelidiki mengapa beberapa direkomendasikan ke pengguna,” kata Juru Bicara Facebook Kevin McAlister dalam emailnya.
“Lebih dari 75 persen grup yang diidentifikasi Markup hanya direkomendasikan untuk satu orang” katanya.
McAlister menambahkan, Facebook menentukan apakah sebuah grup bersifat umum atau tidak, melalui beberapa faktor. Misalnya judul, deksripsi, dan kontennya.

Investigasi

Investigasi Markup pada Januari 2021 menemukan bahwa perusahaan masih merekomendasikan grup partisan politik kepada pengguna. Selain itu, beberapa grup juga mempromosikan teori konspirasi dan ajakan kekerasan melawan aparat.
Pihak Facebook menyebut hal tersebut adalah kesalahan teknis. Kata Facebook dalam penjelasannya pada Senator Ed Markey.
“Saya puas ketika Facebook berjanji untuk menghentikan rekomendasi grup politik ke pengguna, secara permanen. Namun sekali lagi, Facebook tampaknya gagal menepati janjinya,” kata Markey kepada The Markup.
Ia juga mengatakan, perusahaan-perusahaan yang tidak bisa menepati janjinya merupakan perusahaan yang tidak bisa dipercaya. Panelis Citizen Browser mendapatkan rekomendasi grup politik sejak Januari 2021. Hal ini menunjukkan bahwa Facebook belum melaksanakan janjinya.
Pada Januari, ditemukan bahwa 12 dari 100 grup yang direkomendasikan ke panelis adalah grup politik. Dalam data terbaru dari Februari hingga Juni, hanya satu dari 100 grup yang direkomendasikan sebagai grup politik.
Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustin Setyo Wardani

[faz]

Baca Selanjutnya: Facebook Klarifikasi…


Like it? Share with your friends!

113
839 shares, 113 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format