Facebook Hapus Ribuan Akun Palsu di 4 Negara

1 min


100
709 shares, 100 points

Telset.id, Jakarta – Facebook dikabarkan telah menghapus lebih dari 1.800 akun palsu dari halamannya di empat negara, yakni Thailand, Rusia, Ukraina dan Honduras. Langkah ini diambil Facebook untuk melawan propaganda politik yang menyalahgunakan layanannya.
Dilansir Telset.id dari Asia One pada Sabtu (27/07/2019), dari empat negara tersebut total sebanyak 294 akun, 1.509 halaman dan 32 grup diturunkan. Rata-rata mereka memiliki pengikut kolektif lebih dari 274.000.
Pihak Facebook telah menindak akun-akun semacam itu secara global setelah mendapat kecaman dari pemerintah dan kelompok-kelompok hak asasi manusia di seluru dunia.
”Kami tidak meilihat hubungan di antara mereka, tetapi mereka smeua menggunakan jaringan akun palsu untuk menyesatkan orang tentang siapa mereka dan apa yang mereka lakukan” terang Nathaniel Gleicher, kepala kebijakan keamanan dunia maya pada Reuters.
{Baca juga: Banyak Akun Palsu Facebook di Indonesia}
Facebook mengambil tindakan tersebut, pasalnya akun tersebut melakukan penipuan dan konten yang diunggah menyimpang. Di Thailand, akun tersebut digunakan untuk mempromosikan narasi tentang polotok Thailand, hubungan Amerika Serikat-China, protes di Hong Kong dan kritik terhadap aktivis demokrasi di Thailand.
”Kami yakin bahwa beberapa kegiatan jaringan ini dikaitkan dengan seorang indovidu yang berbasis di Thailand yang terkait dengan New Eastern Outlook, jurnal yang didanai pemerintah Rusia yang berbasis di Moskow” terang Gleicher.
Akun- akun dan halaman dari Rusia dan wilayah Ukraina yang membahas politik Ukraina dan mengkritik pemerintahan, menggunakan akun-akun palsu yang menyamar sebagai jurnalis atau perwira militer. Kini Facebook telah mengatakan meningkatkan langkah investigasi ke akun palsu dan mengkoordinasikan perilaku tidak autentik.
Penghapusan akun palsu bukan pertama kali dilakukan Facebook. Di kuartal I-2019, media sosial ini telah menghapus lebih dari 2 miliar akun palsu Facebook, dan jumlah ini meningkat 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu.
{Baca juga: Tegas! Facebook Hapus 2 Miliar Akun Palsu}
Dilansir Telset.id dari Mashable pada Jumat (24/05), ada peningkatan tajam jumlah akun palsu. Sebelumnya pada kuartal IV-2018, raksasa media sosial ini telah menghapus lebih dari 1,2 miliar akun yang palsu. [NM/HBS]
Sumber: Asia One

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja nonton film online resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Like it? Share with your friends!

100
709 shares, 100 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format