Facebook Luncurkan Campus, Mirip Facebook Versi Awal Halaman all

situsjodoh.com pastiterjual.com

StikerWA.com – Bagi Anda yang pernah menonton film “The Social Network”, pasti tahu bagaimana Mark Zuckerberg membuat Facebook.
Film yang terinspirasi dari peristiwa nyata lahirnya Facebook itu menceritakan bagaimana Zuckerberg membuat platform agar bisa terkoneksi dengan teman-teman sekampusnya.
Versi orisinal Facebook itu kini “lahir” kembali dengan nama baru, yakni Campus.
Facebook baru saja merilis Campus yang ditujukan untuk para mahasiswa, di mana mereka bisa bertukar informasi atau kabar dengan teman sekampusnya.
Campus merupakan salah satu seksi yang tersisip di platform utama Facebook. Di Campus, pengguna bisa bergabung dengan mengakses News Feed khusus soal kampus, bergabung ke grup, acara kampus, konser online, dan sebagainya.
Mereka bisa mencari teman sekampusnya lewat menu Campus Directory. Syarat khusus untuk bergabung ke Campus adalah pengguna harus memberikan alamat e-mail kampus beserta tahun angkatan mereka.
Ketika berhasil masuk, mereka akan dibuatkan akun profil baru khusus untuk Campus. Kemudian, mereka bisa menambah atau menghapus akun teman-teman sekampus, baik yang sekelas, teman asrama, adik tingkat, kakak tingkat, dan sebagainya.
Seperti Facebook, semakin banyak informasi yang mereka masukan ke platform, semakin mudah pengguna menemukan teman yang punya kemiripan.
Product Manager Campus, Charmaine mengatakan timnya akan memasukan profil yang terpisah karena bisa saja mahasiswa tidak ingin membagikan informasi pendidikan mereka di profil publik mereka.Baca juga: Kampus di Indonesia Ini Gelar Wisuda Online lewat Game Minecraft
Untuk saat ini, Campus baru diluncurkan di 30 universitas di Amerika Serikat, termasuk Johns Hopkins, Northwestern, University of Louisville, Vassar, dan Virginia Tech. Hanya pengguna yang terdaftar di satu kampus saja yang bisa saling berinteraksi.
Walaupun profil Facebook terpisah dari Campus, jika ada mahasiswa yang memblokir pengguna lain di Facebook, pengaturan itu juga akan muncul di Campus juga dan berlaku sebaliknya.
Begitu pula dengan pengguna yang melanggar ketentuan di Facebook tidak akan bisa bergabung di Campus.
Apabila sudah wisuda, alumni masih bisa bergabung di Campus. Namun mereka akan mendapatkan notifikasi di Facebook yang mengimbau mereka untuk meninggalkan platform Campus.
Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Sabtu (12/9/2020), Campus kemungkinan menjadi alternatif Facebook agar anak-anak muda dan mahasiswa tetap bertahan di Facebook. Mungkin saja saat ini mahasiswa membuat grup bersama teman-teman seangkatan atau teman komunitas kampus mereka.
Namun dengan Campus akan lebih terkontrol oleh Facebook untuk melihat bagaimana para pengguna Campus saling berinteraksi.
Baca juga: Begini Cara Membuat Avatar di Facebook, Sudah Bisa di Indonesia