Google Ajak Keluarga Aman Berinternet

2 min


93
639 shares, 93 points

Jakarta: Memeriahkan Hari Keluarga Nasional, Google mendorong seluruh masyarakat untuk menciptakan kebiasaan digital sehat dan mempraktikkan keamanan berinternet pada anggota keluarga, guna menjaga mereka dari risiko menjadi korban kejahatan dunia maya. 
“Di Google, kami percaya bahwa melindungi privasi Anda dimulai dengan keamanan terdepan. Keamanan produk Google didorong oleh tiga prinsip inti, yaitu: memperlakukan informasi Anda secara bertanggung jawab, melindunginya dengan keamanan kelas dunia, dan yang terpenting adalah, membuat Anda untuk tetap memegang kendali,” ujar Direktur Marketing YouTube & NBU untuk Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara Google Veronica Utami. 
Google menyebut bahwa dengan dukungan teknologi berbasis AI, pihaknya telah memblokir sebanyak 100 juta upaya phishing dan 15 miliar pesan spam di Gmail setiap hari. Namun, Google menegaskan bahwa upayanya dalam menjaga keamanan pengguna tidak dapat dilakukannya sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Happy

Inspire

Confuse

Sad

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Pengguna disarankan untuk memilih sandi atau password kuat dan sulit ditebak, khususnya untuk Akun Google. Cara lebih aman untuk mengautentikasi identitas dan membangun perlindungan berlapis ke dalam Akun Google adalah dengan memanfaatkan fitur pendaftaran otomatis pada verifikasi 2 langkah. 
Selain itu, pengguna juga disarankan untuk meningkatkan fitur Password Manager yang terpasang langsung di Chrome, Android, dan iOS. Fitur ini diklaim mampu membantu pengguna membuat, mengingat, menyimpan, dan mengisi sandi otomatis di seluruh web. 
Sebagai informasi, pada bulan Mei lalu, Google mengumumkan update pada fitur Password Manager berkemampuan memperingatkan pengguna secara otomatis saat terdeteksi salah satu sandi tersimpan di fitur tersebut telah disusupi akibat pelanggaran data oleh pihak ketiga. 
Google membagikan tiga tips untuk membantu keluarga di seluruh dunia, termasuk Indonesia, untuk menciptakan kebiasaan digital sehat, sehingga tidak jatuh dalam perangkat misinformasi dan tetap aman saat menjelajahi internet. 
Untuk melindungi anak dari bahaya internet, Google juga menghadirkan fitur Safe Search bertugas membantu menyaring konten eksplisit di hasil penelusuran baik gambar, video, dan situs web. 
Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur kendali orang tua di YouTube Kids, memungkinkan orang tua untuk hanya menampilkan video yang disetujui, atau memilih konten yang sesuai berdasarkan usia anak. 
Tersedia juga fitur Family Link, memungkinkan orang tua untuk mengawasi waktu penggunaan
perangkat dan membatasi akses harian, mengelola Akun Google, serta memahami dengan lebih baik perilaku anak saat menjelajahi internet. 
Upaya terbaru yang dihadirkan Google untuk melindungi anak dari bahaya internet adalah tab Kids atau Anak-Anak di Google Play. Tab ini dikhususkan Google untuk menampilkan aplikasi yang telah ditinjau oleh pengajar dan memiliki konten berkualitas tinggi dengan tanda Disetujui Pengajar. 
Google juga mengimbau pengguna untuk membiasakan diri memeriksa fakta sehingga dapat membedakan misinformasi di internet, salah satunya dengan cara memeriksa ketepatan gambar yang digunakan dengan konteks. 
Pengguna dapat menelusuri menggunakan gambar dengan mengklik kanan pada gambar atau foto dan pilih opsi Telusuri gambar ini di Google. Selain itu, pengguna juga disarankan untuk mencari di lebih banyak sumber dan liputan berita dengan menggunakan mode berita atau telusuri topik berita di news.google.com. (MMI)


Like it? Share with your friends!

93
639 shares, 93 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format