Google Messages Lebih Aman dengan Enkripsi End-to-End, Begini Caranya

situsjodoh.com pastiterjual.com

Suara.com – Google Messages akhirnya mendapatkan enkripsi end-to-end (E2EE), yang berarti pesan kamu akan aman dari pengintaian.

Google telah menguji keamanan yang ditingkatkan untuk aplikasi Pesannya sejak tahun lalu, tetapi hanya sejumlah kecil pengguna yang memiliki akses tersebut.

Setelah terbatas pada saluran beta, E2EE kini diluncurkan ke semua pengguna stabil.

Dengan enkripsi end-to-end diaktifkan, Google atau pihak ketiga lainnya tidak dapat membaca konten (teks dan media) obrolan RCS kamu karena sedang transit antara pengirim dan penerima.

Baca Juga:
YouTube Siap Blokir Iklan Politik, Alkohol, dan Perjudian

Sebagaimana melansir laman 9to5google, Kamis (17/6/2021), Google menggunakan Protokol Sinyal dan menawarkan makalah teknis dengan detail lebih lanjut.

E2EE mengharuskan kedua belah pihak untuk mengaktifkan fitur Obrolan dan data/Wi-Fi.

Google Messages. [YouTube/Android]Ini tidak berfungsi untuk SMS/MMS atau perpesanan grup, meskipun tersedia saat menggunakan aplikasi Pesan untuk web.

Jika persyaratan tersebut terpenuhi, lapisan keamanan ini secara otomatis aktif untuk percakapan yang sudah ada dan yang baru. Itu tidak dapat dinonaktifkan oleh Google.

Kamu akan melihat ikon kunci di spanduk “Mengobrol dengan”, stempel waktu, dan pada tombol kirim saat enkripsi end-to-end diaktifkan atau digunakan untuk pengiriman.

Baca Juga:
Hasil Pencarian Google Kosong? Tenang Anda Tidak Sendiri

Sementara itu, jika E2EE hilang sementara, perilaku defaultnya adalah menahan pesan hingga koneksi aman dipulihkan, meskipun kamu dapat mengirim dengan SMS.