Google Ungkap Soal Hasil Pencarian di Situsnya

situsjodoh.com pastiterjual.com

Jakarta, StikerWA Indonesia — Google mengumumkan mereka akan memberikan keterangan kepada pengguna alasan mengapa mesin pencari itu menampilkan suatu hasil pencarian tertentu kepada pengguna.
Mereka akan memberikan keterangan tambahan yang menjelaskan detail alasan hasil pencarian tersebut ditampilkan.
Untuk menampilkan penjelasan Google ini, pengguna bisa mengklik titik 3 vertikal yang ada di pojok kanan atas tiap hasil pencarian.

Setelah itu akan muncul laman berjudul “About this result” (tentang hasil pencarian ini). Di laman pop-up itu akan dijelaskan mengapa hasil pencarian tersebut yang muncul. Google akan menyebutkan kata kunci yang memicu muncul hasil pencarian itu, kata kunci terkait pencarian, dan sebagainya.
“Saat Anda mencari informasi di Google, Anda mungkin terbiasa melihat banyak hasil yang relevan dalam sepersekian detik. Tapi mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana Google menghubungkan hasil tersebut dengan kata-kata yang Anda ketik, terutama jika Anda tidak mendapatkan apa yang Anda harapkan,” tulis Google mengungkap alasan mengapa meluncurkan fitur ini seperti tertulis dalam blog, Kamis (22/7). 
Google juga membeberkan bagaimana mereka menyusun hasil rekomendasi pencarian yang disajikan kepada pengguna.
1. Kesesuaian kata kunci
Hasil pencarian penting yang digunakan Google untuk menentukan apakah suatu informasi relevan bagi pengguna. Google akan memastikan konten suatu website memiliki keyword yang sama dengan hasil pencarian pengguna.
2. Istilah terkait
Mesin pencari Google juga mencari istilah yang terkait dengan kalimat yang dicari pengguna. Misal, jika pengguna mencari “bagaimana memasak ikan di oven”, Google juga akan memberikan hasil pencarian dengan istilah yang terkait seperti “memanggang” dan “resep”.
3. Memeriksa tautan
Ketika suatu tautan (link) pada suatu laman web menggunakan kata-kata yang mirip dengan pencarian pengguna, maka laman ini juga akan muncul pada hasil pencarian pengguna. Sehingga, jika tautan disalah gunakan kemungkinan akan memunculkan hasil pencarian yang tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pengguna bisa melaporkan ketidaksesuaian ini di laman “About this search” tadi.
4. Relevansi lokal
Hasil pencarian Google juga disesuaikan dengan keberadaan pengguna, mulai dari bahasa yang digunakan, negara dan lokasi pengguna. Hal ini diperlukan untuk memberikan hasil pencarian yang sesuai misal terhadap pencarian “hari apa pengambilan sampah?”. Dengan demikian, hasil pencarian akan disesuaikan dengan kota dimana pengguna berada.
Google menjelaskan fitur ini merupakan pengembangan dari fungsi panel informasi yang meluncur awal tahun ini. Panel ini akan memberi tahu pengguna tentang sumber informasi yang mereka lihat. Hal ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang pengetahuan tentang situs yang tampil pada hasil pencarian. (eks)

[Gambas:Video StikerWA]