Hati-hati, 9 Aplikasi Android Ini Bisa Curi Password Facebook

1 min


117
879 shares, 117 points
situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

StikerWA.com – Pengguna smartphone Android kembali menjadi target para pencuri data pribadi di internet melalui aplikasi.
Kali ini, pengembang aplikasi antivirus Dr. Web mengklaim ada sembilan aplikasi Android yang diduga telah disusupi oleh program berbahaya (malware) jenis trojan yang bisa mencuri informasi kredensial atau kata sandi (password) akun Facebook.
Menurut Dr. Web, aplikasi-aplikasi yang diklaim telah diunduh lebih dari lima juta kali tersebut sebenarnya berjalan normal, namun dengan fitur terbatas.
Konon, jika ingin menggunakan fitur-fitur ekstra lainnya atau menghilangkan iklan, pengguna harus masuk (login) menggunakan akun Facebook mereka terlebih dahulu.
Baca juga: 8 Aplikasi Android dan iOS untuk Mempercantik Instagram Reels
Laman login Facebook yang muncul sendiri terlihat normal dan meyakinkan, sebagaimana ilustrasi gambar berikut. Namun, ternyata ada proses pencurian data yang berjalan di baliknya.
Dr. Web Program Trojan di aplikasi App Lock Manager buatan Implummet col dan tampilan login Facebook.Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarkan email

Berdasarkan laporan Dr. Web, para oknum ini menyematkan sejumlah kode khusus yang bisa mengumpulkan informasi kredensial yang dimasukkan pengguna, termasuk username dan password Facebook.
Kemudian, informasi tersebut bakal dikirimkan ke server peretas (hacker) dan bakal disimpan di sana.
Tidak hanya informasi kredensial, para hacker ini juga bakal menerima data-data lainnya, seperti riwayat pencarian atau penelusuran (cookies) Facebook yang sedang aktif dan belum di-logout.
Baca juga: 8 Aplikasi Android di Play Store Terjangkit Malware Joker, Segera Hapus dari Ponsel Anda
Dr. Web melanjutkan, para peretas ini juga bisa saja mencuri password dari layanan lainnya, apabila laman Facebook tadi diubah dengan laman login palsu dari layanan internet lainnya.
Sebab, pengaturan program trojan yang tersemat di dalam sembilan aplikasi itu bisa diubah sedemikian rupa dengan mudah, tentunya dari jarak jauh.
Nah, agar lebih waspada, berikut daftar sembilan aplikasi yang dianggap bisa mencuri informasi kredensial Facebook, lengkap dengan nama pengembangnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Dr.Web, Senin (5/7/2021).
Pantauan KompasTekno, seluruh aplikasi ini sudah dihapus dari Google Play Store.
Artinya, pengguna yang masih memasangnya di smartphone masing-masing sebaiknya juga menghapus aplikasi-aplikasi ini secara manual, apabila ingin terhindar hal-hal yang tidak diinginkan.
1. PIP Photo (Lillians)2. Processing Photo (chikumburahamilton)3. Rubbish Cleaner (SNT.rbcl)4. Horoscope Daily (HscopeDaily momo)5. Inwell Fitness (Reuben Germaine)6. App Lock Keep (Sheralaw Rence)7. Lockit Master (Enali mchicolo)8. Horoscope Pi (Talleyr Shauna)9. App Lock Manager (Implummet col)


Like it? Share with your friends!

117
879 shares, 117 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format