Ini Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Web

4 min


97
679 shares, 97 points
situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

WA Web atau Whatsapp Web lagi ngehits saat ini
WA Web atau Whatsapp Web adalah salah satu hal yang sekarang menjadi lekat dengan keseharian banyak orang. Bagaimana tidak, fitur yang dimiliki oleh Whatsapp ini semakin mempermudah para pengguna Whatsapp untuk mengakses aplikasi pesan satu itu melalui laptop atau PC. 

Namun selain bisa diakses melalui laptop atau PC, Whatsapp Web juga bisa diakses melalui HP yang lain. Sesuai dengan namanya, Whatsapp Web ini ditujukan bagi para orang-orang yang hendak mengakses aplikasi Whatsapp tanpa harus download aplikasinya terlebih dahulu seperti di lansir psyline.id, Jumat (2/7/2021). Baca Juga: Guys! Ini Deretan Fitur Whatsapp Aero Terbaru 2021, Kamu Harus Tahu Nih..
Cara Mengakses WA Web di Laptop atau PC dan HP 
1. Cara Mengakses Whatsapp Web di Laptop atau PC
Cara mengakses Whatsapp Web di laptop atau PC sedikit berbeda dengan cara mengakses Whatsapp Web di HP. Untuk cara yang pertama ini memang sengaja ditujukan bagi orang-orang yang ingin mengakses Whatsapp dari Laptop atau PC untuk berbagai tujuan. Langkah-langkahnya sebagai berikut. Baca Juga: WhatsApp Gandeng UKM Indonesia, Luncurkan Chatbot Pasar JuWAra
• Buka situs Whatsapp Web 
• Begitu situs terbuka, akan muncul QR Code dengan tata cara agar bisa menggunakan Whatsapp di komputer. Di bagian bawa QR code itu ada opsi Tetap Masuk, Anda bisa memberikan tanda centang di sana agar bisa login secara otomatis jika membuka Whatsapp Web di lain waktu
• Sesegera mungkin buka aplikasi Whatsapp yang ada di HP. Nanti, ketuk saja tanda titik tiga yang terdapat di pojok atas sebelah kanan sehingga muncul sejumlah opsi
• Sampai di sini pilih saja Whatsapp Web
• Begitu opsi tersebut diklik, Whatsapp akan meminta untuk melakukan scan secara otomatis pada QR Code yang tadi sudah muncul di layar laptop. Caranya, arahkan kamera HP pada QR Code tadi dan pastikan posisinya sesuai dengan kotak yang ada di HP
• Tunggu saja selama beberapa saat hingga layar laptop atau PC menampilkan tampilan Whatsapp Web yang urutan chatnya sesuai dengan yang ada di aplikasi di HP
Apabila langkah-langkah di atas dilakukan secara benar, maka nanti layar HP Anda akan kembali ke tampilan awal Whatsapp seperti biasanya. Umumnya pula akan muncul notifikasi yang mengatakan bahwa Whatsapp Web saat ini sedang aktif.

2. Cara Mengakses Whatsapp Web di HP
Sebenarnya Whatsapp Web ditujukan agar pengguna laptop atau PC bisa mengakses Whatsapp. Akan tetapi, Whatsapp Web juga bisa diakses dari HP. Dengan begini, Anda bisa mengakses satu akun namun di dua perangkat yang berbeda sekaligus. Dengan kata lain, cara ini bisa dipakai untuk menyadap. 
Baca Juga: Mark Zuckerberg Cerdasnya Bukan Main, WhatsApp Bakal Bisa Belanja Online!
Bagaimanakah caranya? 
• Siapkan HP yang akan digunakan untuk mengakses Whatsapp Web, dan sama seperti sebelumnya buka situs Whatsapp Web di browser yang biasa digunakan. Ambil contoh dalam hal ini browser tersebut adalah Google Chrome
• Setelah situs terbuka, besar kemungkinan tampilan awalnya berbeda dengan yang ada di laptop atau PC. Akan tetapi, hal ini masih bisa diakali supaya tampilannya sama dengan laptop atau PC tersebut. Caranya ialah ketuk tanda titik tiga di layar atas sebelah kanan lalu pilih Dekstop Site
• Setelah ini layar akan mengganti tampilannya seperti ketika membuka Whatsapp Web di laptop atau PC. Dengan berubahnya tampilan ini, maka akan muncul pula QR Code dan opsi Tetap Masuk
• Selanjutnya buka aplikasi Whatsapp yang ada di HP satunya, ketuk tanda titik tiga di bagian atas layar sebelah kanan dan pilih Whatsapp Web
• Arahkan HP ini pada QR Code untuk melakukan scan kode tersebut, jangan lupa berikan tanda centang pada opsi Tetap Masuk sehingga tampilan HP bisa berubah menjadi seperti tampilan Whatsapp Web di laptop atau PC
Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Web yang Diakses dari Laptop atau PC
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Whatsapp Web hadir untuk mempermudah seseorang agar bisa mengakses Whatsapp melalui PC atau Laptop. Dengan demikian, orang yang bersangkutan jadi tidak perlu mengoperasikan dua perangkat sekaligus. 
Namun, kemungkinan mengakses Whatsapp Web ini rupanya memiliki kelebihan dan kekurangan, khususnya jika diakses menggunakan PC atau laptop. Beberapa dari kelebihan dan kekurangan tersebut bisa disimak di bawah ini.

1. Kelebihan Whatsapp Web
a. Lebih Hemat Waktu
Kelebihan pertama ialah lebih hemat waktu. Seperti yang sudah bisa dilihat di masa sekarang ini, aplikasi pesan Whatsapp telah banyak digunakan untuk menjalankan bisnis. Termasuk diantaranya untuk menjawab keluhan yang dilayangkan konsumen dan menjawab pertanyaan.
Whatsapp juga biasa digunakan untuk promosi dan menjelaskan kehadiran suatu produk. Dengan adanya Whatsapp Web, pekerjaan-pekerjaan seperti ini bisa lebih hemat waktu dan mudah, apalagi jika Anda adalah seorang yang bisa lebih cepat mengetik dengan laptop atau PC.
Selain itu, Anda dapat menyiapkan draft terlebih dahulu di komputer untuk menjelaskan produk atau menjawab pertanyaan sehingga terhindar dari yang namanya mengetik berulang kali. 
Kemudian kaitannya dengan promosi produk, dengan adanya Whatsapp Web gambar-gambar produk yang ada di dalam laptop atau PC bisa langsung dibagikan tanpa harus repot-repot mengirimkannya ke HP yang sudah ditanam aplikasi Whatsapp terlebih dahulu.
b. Bisa Lebih Efisien
Orang-orang yang pekerjaannya lebih banyak di depan komputer termasuk dalam hal ini adalah mengetik, mengedit gambar, membuat dokumen dan lain sebagainya, kehadiran Whatsapp Web tentu membuat waktu jadi lebih efisien. 
Karena seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, adanya Whatsapp Web ini membuat yang bersangkutan tidak perlu mengoperasikan dua perangkat sekaligus. Selain itu, orang-orang yang seperti ini umumnya merasa bahwa mengetik di keyboard laptop atau PC lebih menyenangkan.
Pasalnya, keyboard di laptop atau PC kan ada tombol fisiknya, jadi potensi kesalahannya bisa lebih kecil. Di sisi lain, draft hasil ketikan yang telah dibuat dan disimpan bisa lebih mudah mencarinya. 
c. Bisa Mengirim dan Download File dengan Lebih Mudah
Whatsapp Web juga memungkinkan untuk mengirimkan file. Bahkan jika tidak begitu familiar dengan penyimpanan di HP, menggunakan Whatsapp Web di laptop atau PC membuat aktifitas mengirim file apapun menjadi lebih mudah. 
Umumnya file-file seperti ini akan diarsipkan dan Anda tentu sudah tidak perlu repot harus memindahkannya ke HP terlebih dahulu jika ingin menyimpannya. Selain itu, aktifitas download file bisa lebih mudah dan tempat penyimpanan hasilnya juga lebih mudah dideteksi. 
d. Dapat Melihat Pesan Tanpa Perlu Membuka Smartphone
Walaupun Anda tidak membawa smartphone, Anda tetap bisa melihat pesan yang ada di Whatsapp melalui Whatsapp Web. Namun kondisi ini dengan catatan harus sudah login sebelumnya dan akun tersebut tidak dilogout. 
Browser bisa melakukan hal tersebut karena bisa menyimpan riwayat login Whatsapp. Aksesnya juga terhitung lebih cepat walaupun hal ini bisa dikatakan juga tergantung pada stabil tidaknya koneksi internet.

2. Kekurangan Whatsapp Web
Selain bisa memberikan berbagai kemudahan, Whatsapp Web juga memiliki kekurangan. Kekurangan ini terutama berkaitan dengan masalah keamanan. Salah satu contohnya adalah ketika Anda login Whatsapp Web di laptop atau PC dan tidak dilogout.
Kemudian laptop atau PC tersebut dipinjam oleh orang lain, maka ada kemungkinan orang tersebut dapat membaca pesan-pesan yang sifatnya rahasia sekalipun. Oleh sebab itu, sangat disarankan agar Anda tidak sembarangan login Whatsapp Web di laptop atau PC orang lain.
Jadi sekarang sudah bisa bukan mengakses WA Web baik dari laptop atau PC maupun dari HP? Tinggal dipraktekkan saja dan jangan lupa, jangan sembarangan login menggunakan perangkat milik orang lain. Terutama bila Anda termasuk orang yang lupa untuk logout akun setelah selesai menggunakannya. 

Disclaimer:
Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.


Like it? Share with your friends!

97
679 shares, 97 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format