Jaga Mental, 6 Tips Hindari Hoax Covid-19 dari Facebook

1 min


111
819 shares, 111 points

Merdeka.com – Menjaga mentalitas tetap baik di masa pandemi menjadi salah satu cara agar imunitas tubuh selalu prima. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari hoax atau misinformasi terkait Covid-19.
Saat ini, Facebook tengah menjalankan kampanye di seluruh dunia untuk mempromosikan informasi tentang vaksin Covid-19, sekaligus menghapus klaim palsu soal Covid-19 di platformnya.
Upaya itu ditunjukkan dengan membantu orang mendeteksi dan meminimalkan penyebaran misinformasi kesehatan, terutama tentang Covid-19 di komunitas sekitar.
Oleh sebab itu, dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (30/7/2021), Facebook berbagi enam tips bagi masyarakat melawan misinformasi Covid-19 di tengah pandemi saat ini.
Apa saja tips yang dibagikan Facebook tersebut? Berikut ini daftar lengkapnya:
1. Dapatkan Keseluruhan Cerita, Bukan Hanya Tajuk Berita : Baca keseluruhan berita dan hati-hati dengan gambar, angka, kutipan, maupun tanggal yang tidak memiliki sumber, sudah usang, atau diambil di luar konteks.2. Sumber Terpercaya Adalah Pilihan Teraman : Periksa bagian ‘Tentang’ dari sumber berita tersebut atau lakukan pencarian cepat untuk mempelajari lebih lanjut. Pengguna dapat pula memeriksa apakah otoritas kesehatan masyarakat mengonfirmasi atau menentang informasi tersebut.3. Bagikan Fakta, Bukan Rumor : Cari petunjuk kecil yang mengarah ke informasi yang salah, seperti URL palsu, ejaan yang buruk, atau tata letak yang janggal.4. Dapatkan Konteks Lengkap dari Sumber Kredibel : Cari laporan lain dari sumber yang dapat dipercaya untuk melakukan verifikasi sebuah cerita mengandung informasi akurat, sebagai contoh dari otoritas kesehatan.5. Apabila Ada Cerita Tidak Akurat yang Dibagikan Teman atau Anggota Keluarga : Kirimkan pesan pribadi untuk memberitahu mereka. Namun, jika unggahan itu sudah mendapatkan banyak Like, lakukan koreksi publik secara halus dengan menyertakan tautan berisi informasi akurat.6. Pikir Dulu Sebelum Share : Beberapa cerita mungkin menggunakan bahasa emosional yang kuat untuk memberikan fakta. Jadi, coba berpikir sejenak sebelum membagikan cerita ke orang lain. Sangat baik jika pengguna juga memeriksa keakuratannya dari sumber terpercaya, seperti Kementerian Kesehatan.
Selain menjaga mentalitas, Anda juga tetap harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan Covid-19. Selain itu, segera lakukan vaksinasi agar tubuh makin terlindungi dari serangan virus corona berbagai varian.
Sumber: Liputan6.com [dzm]

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Like it? Share with your friends!

111
819 shares, 111 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format