KKN STMIK Nusa Mandiri: Pelatihan Penggunaan Google Classroom pada SMP Negeri 1 Rasau Jaya di Masa Pandemi Covid-19

1 min


171
1.4k shares, 171 points

Pentingnya peran serta dunia pendidikan tinggi dalam mendorong pembangunan tidak dapat dipungkiri lagi. Hal ini tercernin dalam pasal 20 UU No. 20 Tahn 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Diknas) yang menyatakan bahwa salah satu dharma Perguruan Tinggi, selain pendidikan dan penelitian, adalah kegiatan pengabdian masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu pewujudan pengabdian kepada Masyarakat yang merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi.Pada Masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, menurut Bapak Direktorat jendral Dikti-Kemendikbud tentang pembelajaran Daring pada siaran Pers dengan nomor 56/Sipers/V/2020 yaitu : Pandemi COVID-19 telah mengubah sistem pendidikan di Indonesia. Menjelaskan hal tersebut, pelaksana tugas (plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Bapak Nizam, menjadi narasumber pada seminar daring yang di gelar oleh Konsorsium Perguruan Tinggi Provider Indonesia (Kopertip) yang mengusung tema “Dampak COVID-19 pada Pendidikan Nasional”, Dengan adanya sistem pembelajaran secara daring menjadi solusi untuk siswa memanfaatkan internet dalam kegiatan belajar mengajar. Serta solusi untuk memutus rantai penebaran Covid-19.

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Dok. pribadi
SMPN 1 Rasau Jaya yang beralamatkan di JL. Sudirman no. 36  Kec. Rasau  Jaya Kab. Kubu Raya –   Kalimantan Barat. Pada saat ini menjalankan Proses Kegiatan Belajar Mengajar dengan konsep dalam jaringan (Daring) dikarenakan kondisi pandemi seperti saat ini. Memang sudah ada beberapa Guru yang mengerti tentang aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk menunjang Kegiatan Belajar Mengajar namun jumlahnya sedikit sekali. Masih banyaknya Guru yang kurang dalam pengetahuan dibidang teknologi informasi dan komunikasi membuat beberapa guru hanya menggunakan aplikasi Whatapps sebagai media komunikasi dengan murid dalam Kegiatan Belajar Mengajar.

Dok. pribadi

Dok. pribadi

Dok. pribadi
Agus Jamil Saputro, salah satu Mahasiswa STMIK Nusa Mandiri telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata dengan judul Pelatihan Penggunaan Google Classroom Untuk Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar Secara Daring Di SMP Negeri 1 Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan para Guru:Semakin terampil dalam menggunaan Google Classroom sebagai media yang bisa diterapkan dalam Kegiatan Belajar Mengajar.Para Guru dapat mengajarkan rekan – rekan yang belum mahir dalam penggunaan Google Classroom.Mengerti bahwa masih banyak media pendukung yang bisa dugunakan dalam pembelajaran Daring

Dok. pribadi

VIDEO PILIHAN


Like it? Share with your friends!

171
1.4k shares, 171 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format