Layanan Google Workspace Digratiskan, Fitur Eksklusif Ini Bisa Dipakai Semua Pengguna Halaman all

2 min


153
1.2k shares, 153 points

StikerWA.com – Google Workspace atau yang lebih dulu dikenal dengan nama Google G Suite, merupakan layanan berbayar yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mendongkrak produktivitas.
Google Workspace mencakup sejumlah aplikasi dan fitur besutan Google, seperti Gmail, Calendar, Drive, Docs, Sheets, Slides, Spreadsheet, dan Meet.
Awalnya, Google Workspace hanya diperuntukkan pengguna berbayar. Namun kini, layanan tersebut dapat digunakan oleh semua pengguna akun Google secara cuma-cuma.
Dengan demikian Pengguna bisa mengakses semua fitur dan layanan versi enterprise secara leluasa.
“Dengan menghadirkan Google Workspace kepada semua orang, kami memudahkan orang-orang agar dapat tetap terhubung, terkelola, dan mencapai lebih banyak hal bersama,” ungkap pihak Google dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (15/6/2021).
Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah Chat. Pada April lalu, Google mengintegrasikan fitur Google Meet, serta memberikan early access fitur Chat dan Rooms pada aplikasi Gmail untuk pengguna gratisan.
Baca juga: Lokasi Vaksin Covid-19 di Jakarta Bisa Dicari lewat Google Maps, Begini CaranyaTerima kasih telah membaca StikerWA.com.Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarkan email

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Tiga layanan Google itu sedianya berguna untuk menunjang komunikasi dan kolaborasi dengan pengguna Google lainnya.
Kini ketiganya sudah terintegrasi dan bisa dinikmati oleh seluruh pengguna akun Google gratisan di Gmail versi web maupun aplikasi.
Fitur Chat dan Rooms sendiri memungkinkan pengguna Gmail untuk mengobrol dengan kolega, memberikan penugasan, hingga membuat reminder di Google Calendar di dalam grup secara langsung.
Tak hanya itu, di fitur Chat dan Rooms ini juga memungkinkan pengguna untuk berbagi file dalam berbagai format. Mulai dari docx, pdf, png, hingga dokumen dari layanan Google Workspace seperti docs, spreadsheet, slides, form, dan sebagainya.
Menariknya, ketika pengguna membagikan tautan dokumen Google Workspace tadi, pengguna bisa mengaksesnya langsung dari fitur Chat di Gmail versi web, tanpa perlu keluar dari Gmail.
Menurut pantauan KompasTekno, pengguna juga bisa mengakses sekaligus menyunting (edit) file Google Workspace tadi langsung dari Chat Gmail.
Google Google Workspace integrasikan layanan Google Meet, fitur Chat dan Rooms ke Gmail. Dan dapat dinikmati oleh seluruh pengguna Google. Cara mengaktifkan fitur Chat dan Rooms
Dua fitur ini sudah tersedia dan bisa dinikmati seluruh pemilik akun Google, baik yang gratisan maupun berlangganan. Untuk bisa menikmati fitur ini, pengguna perlu terlebih dahulu mengaktifkannya secara manual.
Untuk Gmail versi web, pengguna bisa mendapatkan fitur Chat dan Rooms di Gmail web dengan mengaktifkannya di “settings” > “see all settings” > “Chat and Meet”. Lalu di bagian pengaturan “chat”, ubah pilihan dari “Classics Hangouts” menjadi “Google Chat”.
Baca juga: Mulai Sekarang, Sering-sering Buka Akun Google agar File Tidak Dihapus
Untuk Gmail versi aplikasi, pengguna tinggal pergi ke “setting” > klik akun gmail yang diinginkan > “general” > centang opsi “Chat”.
Direktur Senior Produk Google, Sanaz Ahari mengungkapkan ide dasar dari integrasi Chat dan Room di Gmail ini ialah untuk mendukung kebutuhan akan komunikasi yang terintegrasi.
Ahari mencontohkan, bila pengguna menerima e-mail di Gmail, dan ingin lanjut membahas obrolan dalam e-mail itu secara langsung (real-time) dalam grup, pengguna bisa langsung beralih ke fitur Chat dan Rooms.
Bila dari obrolan grup itu perlu diadakan rapat, pengguna bisa langsung melangsungkan rapat melalui Google Meet, yang juga sudah terintegrasi dengan Gmail.
Google juga mengumumkan akan mengubah nama “Rooms” menjadi “Spaces”. Pada dasarnya “Spaces” juga memiliki peran yang sama dengan “Rooms”.
Namun, Google menjanjikan akan menghadirkan lebih banyak emoji, alat moderasi, dan meningkatkan kemampuan perpesanan melalui “Spaces”, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (15/6/2021).


Like it? Share with your friends!

153
1.2k shares, 153 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format