Line Up MINI Cooper Dapat Facelift, Makin Modern dan Sporty

2 min


115
859 shares, 115 points

MINI punya gawean besar. Rangkaian model MINI hatchback kembali mendapatkan penyegaran. Di tahun 2021 ini, ubahan yang terjadi tampak lebih signifikan daripada facelift sebelumnya. Bisa dibilang, ini adalah facelift kali kedua untuk MINI hatchback, sejak diluncurkan pertama kali tahun 2014 lalu.
Ubahan dan facelift ini berlaku untuk semua model yaitu MINI hatchback 3-door dan 5-door, Cabrio dan Electric yang bisa dilipat atapnya. Seakan terlihat seperti pergantian generasi ke model all-new, update dan upgrade kali ini dilakukan baik di luar maupun dalam. Sebelumnya, MINI sudah memperkenalkan facelift pertama untuk line up andalannya ini pada tahun 2018 lalu.
Secara konsep terlihat jika MINI ingin membuat tampang mobil imut ini lebih galak dan maskulin. Karena beberapa ubahan visual yang diterapkan cenderung membuat wajahnya lebih tegas. Lihat saja fascia depannya, yang kini punya frame grille yang lebih tebal berwarna hitam, dengan garis yang agak menyudut. Sekilas sentuhan desain ini membuat tampang MINI yang mungil lebih dewasa, seperti memiliki kumis di sekeliling bibir.

Bagian grille memadukan warna gloss black dengan lis chrome di sisi dalamnya. Bumper depan dihiasi oleh rangkaian intake dengan tampilan baru juga. Kini tersedia dua intake dengan bentuk segitiga di masing-masing sisi samping bumper. Panel sewarna body eksterior semakin mendominasi fascia depan MINI sekarang.
Ke bagian sampingnya, fender roda punya bentuk baru namun tidak berubah dramatis dibandingkan sebelumnya. Fender depan kini dihasi oleh lampu sein samping yang dikelilingi side scuttles baru yang lebih menonjol. Sejumlah pilihan 5 desain baru untuk velg kini ditawarkan oleh MINI, termasuk desain velg yang lebih tertutup seperti dipakai MINI Electric. Jadi selain maskulin, modernisasi juga tetap diusung oleh penyegaran MINI edisi 2022.
Fascia belakang masih mempertahankan desain LED ala Union Jack di lampu belakang. Ubahan bagian ini juga minor, seperti terpasangnya fog lamp kecil di tengah bumper belakang sisi bawah, tepat di atas knalpot. Penerapan panel hitam yang baru menjadi penyegaran pada sisi buritan, meski tidak menghasilkan efek visual yang signifikan.
Baca juga: Edisi Spesial Mini Countryman Boardwalk Dikenalkan, Angkat Tema Tepi Pantai

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Satu hal yang spesial dari sisi eksterior untuk edisi facelift kali ini, adalah tersedianya opsi waran multitone untuk atap. Disebutkan, konsumen bisa memilih gradasi warna mulai dari San Marino Blue sampai dengan Pearly Aqua dan Jet Black. Lalu untuk body keseluruhan, hadir tambahan warna baru yaitu Island Blue Metallic, Rooftop Grey Metallic dan Zesty Yellow.
Nah kalau melihat ke dalam kabinnya, bisa dibilang tidak banyak juga yang diubah oleh MINI. Yang paling jelas adalah panel instrumen di balik setir, yang kini full digital 5,0-inci seperti sebelumnya di pakai oleh MINI Electric dan JCW GP. Sistem infotainment pada layar 8,8-inci punya tampilan lebih jernih, dengan permainan ambient lighting lebih dinamis di sekelilingnya. Setir bahkan punya layout tombol yang baru, membuat palang samping tampil lebih datar.
Panel trim dashboard punya tampilan yang disegarkan juga, yang berbeda pada setiap varian MINI hatchback. Kisi-kisi atau ventilasi AC juga punya desain baru, yang kini dihiasi panel hitam di sekelilingnya, di mana sebelumnya berwaran chrome.

Yang jelas, MINI tidak menyentuh sama sekali bagian mesin. Dengan kata lain tak ada ubahan di dapur pacu. Varian MINI One dan Cooper tidak terjadi upgrade pada performa mesin tiga silinder 1,5 ltier turbonya. Sementara untuk trim Cooper S, yang bermesin empat silinder 2,0 liter turbo, tenaga 178 hp yang turun 13 hp dari sebelumnya. Ini karena MINI memakai filter bahan bakar partikulat baru, demi memenuhi tuntutan pengurangan emisi yang baru. Sementara MINI Electric menggunakan motor listrik 183 hp dan baterai lithiuim ion 28,9 kWh.
Untuk sensasi “go-kart feeling” khas yang selalu ditawarkan MINI, diterapkan peningkatan pada sistem suspensinya. MINI membawa pressure valve baru ke damper, yang mengurangi tekanan redaman sampai 50% dan diklaim mengoptimalkan keseimbangan antara handling sporty dan kenyamanan.
Soal harga, MINI memberikan kenaikan rata-rata sebesar $ 500 (Rp 7 jutaan) untuk setiap variannya. Untuk versi bermesin pembakaran, ditawarkan mulai dengan harga $ 22.900 (Rp 322 jutaan), sampai dengan $ 27.900 (Rp 392 jutaan). Sementara versi MINI Electric mulai $ 38.154 (Rp 537,2 jutaan). (Why/Raju)
Sumber: Autocar
Baca juga: Gaikindo Kenalkan GIIAS Auto360, Aplikasi Khusus Industri Otomotif Indonesia


Like it? Share with your friends!

115
859 shares, 115 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format