Menko Kemaritiman Terlanjur Kirim Surat ke Google Indonesia, Misteri Penampakan Kapal Karam di Sukabumi Akhirnya Terbongkar, Singgung Soal Tongkang, Begini Logikanya – Semua Halaman

3 min


237
2.1k shares, 237 points

Gridhot.ID – Baru-baru ini benda misterius yang terdeteksi citra satelit di tengah laut Pantai Cikembang, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat bikin heboh. Benda mirip kapal karam ini pun mengundang perhatian pemerintah. Akhirnya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, terus berusaha melakukan berbagai upaya untuk memecahkan misteri benda mirip kapal karam ini. Baca Juga: Ngibulnya Terbongkar, Jennifer Dunn Ketahuan Pamer Harta Punya Orang, Saksi Mata Terang-terangan Korek Kepalsuan Aset Istri Faisal Harris Senilai Rp 42 Miliar Di antaranya, pihak Menko Kemaritiman telah menyurati Google Indonesia pada tanggal 22 Juni 2020 untuk meminta klarifikasi kemungkinan terjadinya distorsi tersebut. “Namun informasi ataupun pertanyaan terkait Google Maps hanya dapat ditangani oleh Google LLC di Amerika Serikat.” “Oleh karena itu, Google Indonesia akan menyampaikan surat balasan ke Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi terkait hal tersebut,” ujar Asisten Deputi Bidang Keamanan dan Ketahanan Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Basilio Araujo, kepada Tribunjabar.id melalui pesan singkat, Kamis (25/6/2020). Baca Juga: Masa Iddahnya Hampir Selesai, Bunga Citra Lestari Malah Dijadikan Konten di Grup WA Bapak-bapak, Netizen Murka: Gimana Kalo Mereka yang Mati, Apa Rela Istrinya Digituin Juga? Ia menjelaskan, google Indonesia menyebutkan bahwa benda tersebut merupakan hasil kombinasi gambar yang diambil dalam waktu yang berbeda. “Terlepas dari isu ini, pada umumnya gambar yang ditampilkan di Google Maps adalah hasil kombinasi beberapa gambar, yang diambil dalam beberapa waktu yang berbeda, dengan pencahayaan dan cuaca yang juga berbeda serta dari beberapa sumber yang berbeda,” terangnya. “Objek tertentu bisa saja muncul di salah satu gambar dan tidak muncul di gambar lainnya seiring berjalannya waktu,” jelasnya. Penjelasan UPT Pelabuhan Ratu Kepala Kantor Unit Penyelenggaran Pelabuhan (UPP) Kelas III Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Fatah Yasin, memberikan informasi terbaru terkait misteri kapal karam di laut Pantai Cikembang, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok yang terekam citra satelit google maps. Ia menyebutkan, bahwa foto di google maps tersebut bukan kapal karam, melainkan kapal pengangkut batu bara ke PLTU Palabuhanratu. “Kapal melakukan bongkar muat, cuman kemungkinan waktu pengambilan fotonya (oleh google) ngeblur dan dalam posisi keadaan hujan, kelihatannya kayak kapal karam, padahal kapal gak karam.” Baca Juga: Demi Puaskan Anang Hermansyah di Ranjang, Ashanty Sampai Punya Stok Kostum Seksi 2 Lemari, Ngaku Kewalahan Ladeni Sang Suami Lantaran Selalu Minta Jatah Tiap Hari “Batu baranya milik PLTU, kapalnya milik owner dari luar, waktu itu sekitar akhir-akhir 4 bulan mau selesai 2017 itu kan cuaca buruk hampir 6 bulan,” ujar Fatah melalui sambungan telepon, Selasa (23/6/2020).

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

“Jadi kapal-kapal tongkang pada saat itu tidak boleh ngangkut batu bara, akhirnya krisis batu bara tuh, pada dipanggil pemda gimana solusinya, karena kalau kapal tongkang gak bisa datang, mana bisa, cuman dia (Kapal Tongkang) gak bisa masuk ke PLTU karena kan besar,” terangnya. Hingga akhirnya, lanjut dia, dilakukan shift to shift pengangkutan batu bara. Baca Juga: Putranya Terus Pepet Ayu Ting Ting, Ibunda Didi Riyadi Bereaksi Hingga Tantang Lakukan Hal Ini, Sang Drummer: Nggak Bisa Bahas yang Lain Aja Mam? Menurutnya, saat pemindahan muatan di laut Pantai Cikembang terekam oleh google maps. “Dilakukanlah pelaksanaan shift to shift rekomendasi dari perhubungan laut, mengingat batu bara ini kan PLTU bahaya kalau listrik mati. Jadi mungkin ada maping google, pas maping mungkin kapal ada di situ, memang kapalnya besar kurang lebih muatan 40 ribuan ton lah saat itu, baru ingat ini,” katanya. Kemenko Maritim Juga Angkat Bicara Benda mirip kapal karam di laut Pantai Cikembang, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, masih menjadi teka-teki. Tangkapan layar benda mirip kapal karam itu pun menjadi viral, netizen Sukabumi masih ramai membahas persoalan tersebut. Menanggapi adanya benda yang disebut-sebut kapal karam itu, Asisten Deputi Bidang Keamanan dan Ketahanan Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Basilio Araujo menjelaskan, pihaknya telah mencoba menelusuri informasi tersebut dari berbagai pihak. Baca Juga: Pemiliknya Bisa Raup Rp 3,2 Miliar Sebulan, Situs Streaming Film Ilegal Ternyata Tidak Sepenuhnya Aman, Pengunjung Malah Bisa Dirugikan Akibat Hal Ini Di antaranya menelusuri informasi ke Badan Keamanan Laut (Bakamla), Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Republik Indonesia, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), ia mengatakan, tidak ada yang mengkonfirmasi adanya kejadian kapal karam di area pantai Cisolok. “Dari tadi malam kami coba telusuri informasi ini dari Bakamla, KPLP, Basarnas dan KKP, tapi tidak ada yang bisa mengkonfirmasikan pernah ada kejadian kapal karam di pantai cisolok,” ujar Basilio saat dihubungi Tribunjabar.id melalui aplikasi pesan singkat, Minggu (21/6/2020). Baca Juga: Prediksi Ahok Saat Mendekam di Mako Brimob Terbukti Tepat, Sudah Beri Wejangan Ini pada Kuasa Hukum Sebelum Ceraikan Veronica Tan, BTP: Kamu Siap-siap Aja! Tidak sampai disitu, pihaknya juga menelusuri informasi dari pemberitaan. Namun, tidak ada referensi berita yang mengabarkan ada kapal karam di Cisolok. “Kami coba telusuri informasi dari berita pun tidak ada referensi pernah ada kapal yang tenggelam di daerah Cisolok,” jelasnya.(*) Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul “Terpecahkan, Misteri Kapal Karam di Lepas Pantai Cikembang Sukabumi”

Video Pilihan

PROMOTED CONTENT


Like it? Share with your friends!

237
2.1k shares, 237 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format