Microsoft Gandeng Facebook Gaming, Tantang Twitch Amazon

situsjodoh.com pastiterjual.com

Jakarta, CNBC Indonesia – Microsoft memutuskan untuk menyetop layanan video streaming Mixer karena tak mampu bersaing dengan Twitch milik Amazon. Sebagai gantinya, gamers diarahkan untuk pindah ke Facebook gaming.
Layanan Mixer akan tetap tersedia hingga 22 Juli, dan setelah itu beranda akan dialihkan ke situs web Facebook fb.gg atau facebook gaming. Kemampuan streaming ke Mixer dari Xbox One akan hilang, meskipun gamer akan dapat terus streaming ke Twitch.
Meski mundur dari layanan video streaming game, Microsoft tetap fokus pada pengembangan game, perangkat keras konsol, dan layanan cloud untuk bermain game yang berjalan di server jarak jauh. Microsoft juga berencana untuk merilis versi baru dari konsol video game Xbox akhir tahun ini.
”Pada akhirnya, keberhasilan mitra dan streamer pada Mixer tergantung pada kemampuan kami untuk meningkatkan skala layanan secepat mungkin bagi mereka dan seluas-luasnya,” ujar Phil Spencer, Executive Vice President Microsoft yang menangani bisnis gaming, seperti dilansir dari CNBC International, Rabu (24/6/2020).
“Menjadi jelas bahwa butuh waktu untuk menumbuhkan komunitas live streaming kami sendiri dan tidak sesuai dengan visi dan pengalaman yang ingin kami berikan kepada para gamer, jadi kami telah memutuskan untuk menutup operasi Mixer dan membantu transisi komunitas ke platform baru.”
Langkah ini dilakukan kurang dari empat tahun setelah akuisisi Beam, streaming game yang diubah namanya oleh Microsoft menjadi Mixer pada tahun 2017.
Usaha Microsoft menumbuhkan komunitas Mixer sebenarnya tak tanggung-tangung. Mereka mengaet Tyler Blevins atau Ninja, streamer paling populer di dunia saat ini untuk menayangkan streaming game-nya secara eksklusif di platform Mixer. Nyata hal ini tidak cukup.
Facebook telah memperluas upayanya dalam game dalam beberapa tahun terakhir sebagai cari mencari bisnis baru di luar iklan digital. Facebook akuisisi Oculus, startup pembuat headset virtual reality senilai US$2 miliar dan mulai menjual Oculus Quest dan Oculus Rift S VR headset pada bulan Mei tahun ini.
Bulan lalu, Facebook meluncurkan Facebook Gaming, saingan Twitch-nya, yang memungkinkan pengguna untuk memainkan gameplay dan ditonton orang lain di jejaring sosial.  

Perusahaan juga mengklaim bahwa lebih dari 700 juta pengguna terlibat dengan konten game dengan cara tertentu setiap bulan.
Facebook dan Microsoft melihat peluang untuk bekerja sama lebih banyak, termasuk di sekitar layanan cloud streaming xCloud, yang sedang dalam proses pratinjau.

Spencer menulis bahwa Microsoft ingin memperkenalkan kemampuan untuk membiarkan orang mengklik untuk bermain dari Facebook Gaming dan Instagram.

Saksikan video terkait di bawah ini:

(roy/roy)