Penelusuran Soal Metafisika Meningkat di Google Selama Pandemi

1 min


118
889 shares, 118 points

Liputan6.com, Jakarta – Penelusuran mengenai virus corona di Google ternyata masih menjadi banyak dilakukan pengguna internet. Hal itu diungkap oleh Data Editor Google News Lab Simon Rogers pada awak media lewat pertemuan virtual.
Menurut Simon, pencarian virus corona bahkan mengalahkan penelusuran tentang topik cuaca yang biasa mendominasi. Dalam pertemuan dengan awak media ini, Google juga mengungkap tren pencarian lain yang terkait dengan Covid-19 pada 2020 di seluruh dunia.
Salah satunya adalah penelusuran tentang Tuhan, Kebahagiaan, dan Empati yang lebih sering dilakukan dibandingkan sebelumnya.
“Kami melihat ada kenaikan penelusuran tentang pertanyaan yang bersifat metafisik,” tutur Simon, Kamis (25/2/2021).
Selain itu, Google juga mencatat jumlah orang yang mencari informasi olahraga mencapai titik tertinggi. Penelusuran itu terkait dengan sejumlah kueri, seperti lari, joging, bersepeda, atau melintas alam.
“Banyak orang yang mungkin mencari kegiatan untuk dirinya dalam melewati karantina,” tutur Simon. Uniknya, orang-orang juga lebih banyak bertanya tentang ‘hari ini hari apa’ selama setahun terakhir di Google ketimbang periode sebelumnya.
Penelusuran akan sejumlah kegiatan untuk menghabiskan aktivitas di rumah juga meningkat di Google. Beberapa penelusuran itu termasuk, ‘maraton menonton film’, ‘celana olahraga’, hingga ‘cara bertemu seseorang’.

Simon juga menuturkan, banyak pula penelusuran yang berisi cara untuk membuat sesuatu, seperti membuat masker kain, hand sanitizer, kopi dalgona, roti sourdough, dan adonan pizza.
“Kata hope (harapan) juga menjadi salah satu pencarian yang paling banyak selama 2020. Kami melihat hal itu terjadi karena ada rasa optimisme,” ujarnya melanjutkan.
Sementara untuk penelusuran lain seputar Covid-19 yang meningkat dalam beberapa waktu terakhir di Google adalah soal vaksin. Selain vaksin, beberapa pencarian yang meningkat adalah persiapan untuk kembali ke kondisi normal.
“Saat ini, kami melihat banyak orang ingin kembali ke kondisi normal, sehingga pencarian akan event olahraga atau bertemu orang baru lebih terbuka. Sebab, saat ini orang-orang mulai bersiap untuk move on (dari kondisi pandemi),” ujar Simon menutup pernyatannya.
**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Like it? Share with your friends!

118
889 shares, 118 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format