Penggunaan Google Classroom Melonjak 2.354 Persen di Jaringan XL

1 min


120
909 shares, 120 points

Merdeka.com – Work from home (WFH) dan belajar dari rumah sudah sepekan ini dijalani masyarakat dan pelajar di negeri ini. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran laju virus corona. XL pun memantau perilaku baru ini. Sejauh ini, data XL menyebutkan bahwa terdapat peningkatan trafik sebesar 10-11 persen secara nasional.
“Secara harian naik 10-11 persen dibandingkan hari normal. Yang biasa dikantor sekarang mereka melakukan itu (WFH-red). Belajar dan bekerja dari rumah ini yang memberikan kontribusi paling tinggi untuk internet,” kata I Gede Darmayusa, Plt Chief Technology Officer XL.
Lebih lanjut, kata Gede, layanan data dengan peningkatan trafik tertinggi adalah Google Classroom. Kenaikannya mencapai 2.354 persen. Google classroom ini digunakan bagi pelajar untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara online.
“Google Classroom ini paling tinggi diakses oleh pengguna kami. Karena perubahan perilaku saat ini, Google classroom kerap digunakan pelajar,” ungkap Gede.
Kemudian, aplikasi serupa yakni Ruangguru dan Zenius, aplikasi ini melonjak sebesar 46 persen dan 54 persen. Selanjutnya, untuk media sosial pun demikian. Facebook 11 persen dan Whatsapp 10 persen.
“Selain WFH dan Belajar dari rumah, aplikasi streaming film juga meningkat. Netflix misalnya. Terdapat lonjakan 46 persen selama sepekan,” ujarnya.1 dari 1 halaman
Kapasitas Jaringan Masih Aman

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Gede menambahkan, hingga sepekan terakhir, pihaknya belum menambah kapasitas jaringan yang ada karena memang sudah dipersiapkan untuk bisa menampung kenaikan trafik hingga 2x dari trafik hari normal.
Meski demikian, opsi untuk meningkatkan kapasitas selalu terbuka kapan saja dengan menyesuaikan pada kebutuhan pelanggan. Selain itu, XL Axiata juga siap menjaga kualitas jaringan dengan mengerahkan semua kemampuan seperti layaknya saat menghadapi lonjakan trafik Lebaran.
“Beberapa langkah di antaranya adalah mengerahkan mobile BTS (MBTS) untuk lokasi-lokasi yang memerlukan, juga melakukan rekayasa pengalihan trafik ke jaringan yang lebih longgar,” ungkapnya.

[faz]


Like it? Share with your friends!

120
909 shares, 120 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format