Renata Aryanti, WNI Sukses Berkarir di Facebook : Okezone News

situsjodoh.com pastiterjual.com

CALIFORNIA – Salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) yang sukses berkarir di Amerika Serikat (AS) adalah Renata Aryanti. Dia menjabat sebagai Direktur Engineering, Social Impact di kantor pusat Facebook, Menlo Park, California.
Renata pindah ke negara Paman Sam untuk kuliah di University of Wisconsin dan sempat bekerja di Yahoo pada 2008 sebagai Soft Engineer bidang infrastruktur sebelum melanjutkan kuliah jenjang S2 di Standford University.

Kemudian dia mengawali karir bekerja di Facebook pada 2011 di News Feed.
“Titik tolak karir saya sekitar awal 2014. Saya mulai tertarik melihat bagaimana orang di negara berkembang memakai Facebook. Lalu saya dan tim mulai fokus mendalami Interface Facebook,” terangnya.
Renata pun mengajukan Facebook Light yang hanya menampilkan fitur utama dan memakai lebih sedikit data dan kapasitas telepon selular (ponsel). Produk ini ternyata sukses setelah diluncurkan.
Dia kemudian terlibat dalam produk Facebook grup dan product social impact lainnya seperti produk covid-19 info centre dan safety cheque.
(Baca juga: Usai Konflik, Raja Abdullah dan Pangeran Yordania Tampil Bersama)
“Saya sangat rebounding menjadi rujukan di seluruh dunia dan bisa membuka dan menjadi tempat orang bisa mendapatkan informasi yang akurat. Saya rasa dampaknya sangat nyata,” ujarnya.
Keberhasilan Renata menapak karir di Facebook tidak lepas dari kejeliannya memilih karir yang tepat. Kesuksesannya tak lepas dari strateginya memilih karir yang tepat dan sikap kerja yang berfokus pada pengembangan diri bukan kompetisi.
“Kalau saya pilih karir suka ada yang cerita seperti 4empat dimensi. Satu, apa yang saya enjoy, yang kedua apa sih yang punya dampak, yang ketiga apa sih yang bisa memberi dampak positif , dan keempat pekerjaan sebagai mata pencaharian,” ungkapnya.
Saat mulai bekerja di Facebook dia mulai menghadapi banyak tantangan termasuk bahasa dan budaya.
Namun melalui pelatihan dan belajar dari pemimpin Facebook, termasuk pemimpin wanita, Renata mampu membangun tim yang berkualitas. Dia diketahui memimpin 140 orang
(Baca juga: Para Pelayat Kenang Pangeran Philip di Luar Kastil Windsor
Ini diakui Emily Dalton, Direktur pengembangan produk social impact Facebook.
“Renata membantu banyak karir orang, terutama wanita yang dipimpinnya menjadi pemimpin. Kemampuannya mengeksekusi dengan cepat dan tepat, bahkan dalam situasi yang sulit. Dia memang luar biasa,” terangnya.
Salah satu kunci keberhasilan Renata berkarir adalah memiliki pola pikir yang memfokuksan pada pembelajaran dan berkembang secara natural, bukan kompetisi.
Menurut rencana, produk social impact yang akan diluncurkan di Indonesia adalah donasi darah untuk mendaftar menyumbang darah melalui Facebook.
“Kebanggaan saya adalah saya bisa membuat dampak yang positif untuk Indonesia. Dengan karya saya di sini saya bisa mengembangkan hal hal yang baik yang digunakan banyak sekali digunakan orang Indonesia,” tambahnya.

(sst)