Selena Gomez Desak Facebook Atasi Misinformasi Covid-19

1 min


111
819 shares, 111 points

Informasi keliru tentang Covid-19 dan vaksin bisa membuat lebih banyak nyawa melayang
REPUBLIKA.CO.ID, HOLLYWOOD – Selena Gomez kembali meminta Facebook untuk mengambil tindakan tegas atas misinformasi Covid-19 dan vaksin di platform media sosial ini. Penyanyi asal AS itu menegaskan bahwa informasi keliru tentang Covid-19 dan vaksin bisa menyebabkan lebih banyak nyawa melayang.

Hal itu ia sampaikan dalam cicitannya di Twitter pribadinya. “Disinformasi ilmiah telah dan akan menelan korban jiwa,” kata Selena.
Selena kemudian menilai Facebook belum benar-benar tegas dalam menindak akun atau unggahan yang memuat informasi salah tentang vaksin dan Covid-19.
“Pada Desember lalu saya telah meminta Facebook dan Instagram untuk mengambil tindakan atas berita hoaks tentang Covid-19 dan vaksin. Tapi mengapa sampai sekarang, mereka masih menolak untuk bertindak?” kata Selena seperti dilansir dari Music News, Jumat (23/7).
Pekan lalu, presiden AS Joe Biden juga mengatakan bahwa Facebook telah membunuh banyak orang dengan tidak menutup informasi berbahaya dan menyesatkan tentang Covid-19 dan vaksin. Namun tak lama kemudian, ia mengklarifikasi pernyataannya, dengan menyebut bukan Facebook yang membunuh orang, tetapi misinformasi di dalamnya.
“Facebook tidak membunuh orang, tapi oknum di luar sana yang menyebarkan informasi salah. Harapan saya adalah agar Facebook melakukan sesuatu untuk mengatasi ini,” kata dia.
Sementara itu, Pakar biologi evolusi dan profesor di Universitas Washington, Carl T Bergstrom, mendorong agar ada penelitian lebih lanjut tentang dampak media sosial pada masyarakat. Media sosial, internet, termasuk pencarian yang didorong algoritma dan iklan berbasis klik, telah mengubah cara masyarakat mendapatkan informasi dan membentuk opini tentang dunia.
“Dan cara-cara yang dipraktikkan di media sosial membuat orang sangat rentan terhadap penyebaran informasi yang salah dan disinformasi,” kata Bergstrom.
Desakan itu muncul seiring menurunnya tingkat vaksinasi Covid-19 di AS, sementara kasus positif Covid-19 kembali meningkat setelah adanya varian Delta. Jangkauan vaksinasi yang rendah juga ditengarai karena misinformasi, di mana masyarakat tidak percaya dengan keamanan dan efektivitas vaksin melawan virus corona.

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Like it? Share with your friends!

111
819 shares, 111 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format