Tegas! Facebook Dilarang Bagikan Data Pengguna WhtatsApp

1 min


112
829 shares, 112 points

Jakarta, CNBC Indonesia – Regulator Afrika Selatan melarang Facebook membagikan informasi kontak dari pengguna WhatsApp yang berasal dari negara itu. Aktivitas ini bisa dilakukan namun perlu mendapatkan izin dari Information Regulator (IR).
“WhatsApp tidak bisa tanpa mendapatkan hak dari IR memproses informasi kontak apapun dengan tujuan selain dari pengumpulan nomor tersebut secara khusus, bertujuan menghubungkan informasi secara bersama dengan informasi yang diproses oleh perusahaan Facebook lainnya,” kata pihak regulator, dikutip Reuters, Jumat (5/3/2021).
Kebijakan ini sesuai dengan aturan bagian 57 dari Undang-undang Perlindungan Informasi Pribadi Afrika Selatan. Otoritas setempat juga telah menyurati Facebook Afrika Selatan berisi kekhawatirannya mengenai kebijakan privasi raksasa jejaring sosial itu.Sementara juru bicara WhatsApp mengatakan pihaknya sedang meninjau aturan Afrika Selatan itu. Merujuk pada pembaruan kebijakan privasi platform itu, dia mengatakan WhatsApp tidak memperluas kemampuan untuk berbagi data dengan Facebook.
Selain itu, ditegaskan oleh juru bicara jika pembaruan kebijakan tidak punya pengaruh pada privasi antar pengguna di dalamnya. Kebijakan ini berlaku di seluruh dunia termasuk Afrika Selatan.
“WhatsApp tidak membagikan kontak Anda dengan Facebook dan kebijakan berlaku untuk pengguna dimanapun termasuk di Afrika Selatan,” kata juru bicara WhatsApp.
Regulator Afrika Selatan membandingkan dengan aturan yang ada di Uni Eropa. Menurutnya masyarakat di sana akan menerima perlindungan privasi lebih tinggi daripada orang-orang di Afrika Selatan.
“Aturan kami sangat mirip dengan UE. Ini berbaik model itu, karena memberikan secara signifikan model yang lebih baik untuk melindungi informasi personal daripada di yuridiksi manapun,” kata Ketua IR, Pansy Tlakula.
Dia mempertanyakan kepada Facebook membedakan antara Uni Eropa dan Afrika.
Bukan hanya Afrika Selatan yang memprotes kebijakan baru WhatsApp itu. Sebelumnya Turki telah melakukan penyelidikan dan di India terdapat gugatan hukum.

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)


Like it? Share with your friends!

112
829 shares, 112 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format