Waspada Phising, Modus Cara Melihat Siapa Saja yang Intip Profil Facebook Halaman all

situsjodoh.com pastiterjual.com

StikerWA.com – Sebuah unggahan informasi mengenai cara melihat siapa saja yang mengintip profil Facebook kita beredar luas di media sosial Facebook.
Informasi tersebut, berdasarkan pantauan StikerWA.com diunggah oleh sejumlah akun dengan narasi yang berbeda-beda namun dengan inti pesan yang kurang lebih sama.
Pesan tersebut menjelaskan cara mengetahui siapa saja yang melihat profil Facebook kita yakni dengan cara melakukan klik pada sebuah tautan tertentu.
Informasi mengenai hal tersebut salah satunya dibagikan oleh akun Facebook D’jeff dunham’s Live.
Baca juga: Facebook Blokir Konten Berita di Australia, Ini Alasannya…
“Maaf nih ijin SHARE pengen tau siapa aja yang melihat profil kita? Mantan? Atau gebetan? aku juga baru check ternyata masih ada aja yang ngepoinkamu juga bakal kaget deh kalo udah taukalian PENASARAN? AKU JUGA buat seru seruan yu check disinihttps://bit.ly/3b1tY1d,” tulisnya.
Penjelasan ahli
Menanggapi hal itu, ahli IT sekaligus dosen Ilmu Komputer Universitas Sebelas Maret ( UNS) Surakarta Rosihan Ari Yuana mengingatkan kepada masyarakat agar berhati-hati dan tidak mempercayai begitu saja dengan sejumlah unggahan informasi yang beredar di media sosial.
“Hati-hati, ini phising,” ujarnya dihubungi StikerWA.com, Kamis (18/2/2021).
Diberitakan StikerWA.com (1/8/2008), phising merupakan salah satu penipuan melalui internet untuk mencuri data-data pribadi.
Baca juga: Dituding Rawan Phising, Kominfo Tegaskan Aplikasi PeduliLindungi Aman
 

Situs-situs palsu
Phising biasanya dilakukan dengan mengirim umpan berupa email yang akan mengarahkan penerimanya ke situs-situs palsu yang sangat mirip dengan situs aslinya.
Situs-situs tersebut akan meminta pengunjungnya untuk memasukkan data-data pribadi, seperti nomor kartu kredit, nomor rekening, password, tanggal lahir, atau nama ibu kandung.
Data-data yang dicuri pelaku phising itulah yang akan digunakan untuk menguras rekening korban atau melakukan tindak penipuan.
Phising sendiri berasal dari kata fishing atau memancing. Phising biasanya menggiring seseorang dari email untuk masuk ke dalam situs internet. Oleh karena itu, email phising selalu meminta pengguna untuk menge-klik sebuah link yang akan membawanya ke sebuah situs untuk memasukkan data pribadi.
Baca juga: Hacker asal Sleman Raup Rp 31,5 Miliar dengan Meretas Perusahaan di AS
Sementara itu, Rosihan menambahkan jika link dalam pesan tersebut di-klik, maka akan muncul tampilan mirip login Facebook.
Namun jika dicermati link URL tersebut bukan berasal dari Facebook resmi yang rentan membuat seseorang terkecoh.
“Begitu kita masukkan akun FB (Facebook) kita, bisa jadi akun kita disimpannya untuk membajak akun FB,” jelasnya.
Baca juga: Nomor Telepon Pengguna Facebook Dijual Rp 281.000 Melalui Bot Telegram

Keaslian link URL
Rosihanari mengingatan agar setiap kali masyarakat akan melakukan login ke suatu website, maka harus selalu memastikan keaslian link URL-nya.
Terkait dengan informasi adanya cara mengetahui siapa saja yang bisa melihat profil Facebook seseorang, Rosi mengingatkan bahwa informasi tersebut adalah palsu.
“Jika ada yang mengatakan ada cara untuk melihat siapa saja yang telah melihat profil kita, maka itu adalah fake,” terangnya.
Baca juga: Ramai soal Surat Rapid Test Palsu, Ini Kata Epidemiolog…
Rosi mengatakan hal tersebut merujuk pernyataan resmi Facebook di halaman resminya,
Dalam laman resmi Facebook, mereka menjawab pertanyaan mengenai ‘bisakah saya mengetahui siapa yang melihat profil Facebook saya?’
“Tidak, Facebook tidak mengizinkan orang melacak siapa yang telah melihat profil mereka. Aplikasi pihak ketiga juga tidak bisa menyediakan fungsi ini,” ujar Facebook.
Dalam laman tersebut Facebook juga mengingatkan agar siapa pun yang menemukan aplikasi yang mengklaim bisa melakukannya untuk melaporkan aplikasi tersebut ke Facebook.
Baca juga: 5 Aplikasi Pesan Selain WhatsApp, Apa Saja?

StikerWA.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Infografik: Syarat dan Cara Daftar Bantuan UKM dari Facebook