Waspada, Pinjol Ilegal Sering Tawarkan Pinjaman Lewat SMS dan WhatsApp

1 min


126
969 shares, 126 points

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan Tongam L. Tobing pastikan penawaran pinjaman online (Pinjol) melalui SMS atau pesan WhatsApp merupakan pinjaman online ilegal. Sebab pinjol legal dilarang melakukan penawaran melalui dua hal tersebut.
“Kami dari satgas sudah menyampaikan bahwa setiap penawaran pinjaman online melalui SMS atau WA Pasti illegal. karena pinjaman online legal dilarang melakukan pemasaran dalam bentuk SMS atau WhatsApp,” kata Tongam dalam diskusi daring Forum Diskusi Salemba ke-55 “Waspada Jebakan Pinjaman Online Ilegal”, Rabu (30/6/2021).

situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

Tidak hanya itu, kata Tongam, yang lebih membahayakan lagi soal pinjol illegal yaitu mereka biasanya mencuri dan menyebarkan data pribadi peminjam. 
“Yang paling membahayakan adalah adanya penyebaran data pribadi peminjam, karena pada pinjaman online ilegal ini mereka selalu meminta kita untuk mengizinkan mereka akses kepada semua data dan kontak, dan inilah malapetaka,” ujarnya.
Biasanya, data-data milik konsumen tersebut digunakan untuk menagih pinjaman yang telah jatuh StikerWA kepada konsumen yang tidak mampu bayar.
Pinjol ilegal tidak hanya melakukan penagihan kepada peminjam melainkan juga kepada anggota keluarga, rekan kerja, hingga atasan, yang kontaknya tersimpan dalam handphone konsumen.
“Ketika kita sudah mengizinkan mereka akses semua data di hp disitulah muncul kelemahan kita, karena data-data di HP akan digunakan pada saat pinjaman jatuh StikerWA dan tidak mampu bayar karena melakukan tindakan terror, intimidasi dan pelecehan,” ungkapnya.
Banyaknya masyarakat yang membutuhkan dana pinjaman, hal ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab untuk mencari keuntungan dengan melakukan penawaran fintech lending ilegal.


Like it? Share with your friends!

126
969 shares, 126 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format