Belanja Online di Instagram Kini Bisa Chatting dengan Penjual lewat WhatsApp

1 min


132
1k share, 132 points
situsjodoh.com pastiterjual.com
lowongan kerja resep kuliner cookpad nonton film online bursa jual beli barang antik

StikerWA.com – Instagram merilis fitur baru untuk mempermudah proses belanja online di platform-nya. Fitur ini memungkinkan pemilik akun Instagram bisnis untuk menautkan nomor WhatsApp-nya langsung di dalam profil Instagram.
Dengan fitur tersebut, calon pembeli di Instagram dapat langsung menghubungi penjual melalui WhatsApp lewat sebuah tombol khusus tanpa perlu menyimpan nomor tersebut. 
Nantinya, pengguna akan mendapati sebuah tombol baru yang tertera di halaman profil akun Instagram penjual. Ketika tombol tersebut diklik, pengguna akan secara otomatis dialihkan ke aplikasi WhatsApp.
Di sana, pengguna dapat langsung memulai percakapan dengan para penjual. Sebelum fitur ini hadir, pemilik akun Instagram bisnis hanya bisa mencantumkan nomor telepon dan e-mail di halaman profil Instagram mereka.
Awalnya, pembeli yang ingin menghubungi penjual hanya bisa mengirimkan pesan melalui Direct Message di Instagram atau melalui panggilan telepon dan e-mail.
Instagram mengatakan bahwa fitur ini sudah tersedia dan bisa langsung dicicipi oleh pengguna di Indonesia. Indonesia menjadi negara pertama di wilayah Asia Pasific yang mendapatkan fitur ini.
Baca juga: Instagram Sebut Engagement Turun Bukan karena Shadowban
Menurut Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian, fitur ini diharapkan dapat membantu UMKM dan para pelaku bisnis dalam memasarkan produk mereka, terutama di masa pandemi.
“Melalui fitur ini, kami harap para pelanggan dapat terhubung dengan bisnis yang mereka sukai secara lebih mudah dan cepat sehingga dapat mempercepat terjadinya proses transaksi,” kata Pieter dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (18/12/2020).
Sebelum bisa menggunakan fitur ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh para pemilik akun bisnis Instagram. Mereka harus terlebih dahulu menambahkan tombol Whatsapp di profil Instagram bisnis mereka.
Pertama-tama, pemilik akun bisnis dapat mengunjungi halaman akun bisnis Instagram dan pilih opsi Edit Profil. Berikutnya, pilih opsi Kontak lalu tambahkan nomor WhatsApp yang diinginkan.
Baca juga: Facebook Diminta Jual Instagram dan WhatsApp
Kemudian, Instagram akan mengirimkan kode autentikasi. Masukkan kode tersebut agar akun Instagram bisnis dapat terhubung secara otomatis dengan akun WhatsApp Anda.
Pemilik akun bisnis Instagram juga dapat membatalkan tautan akun Instagram dengan WhatsApp. Caranya pun cukup mudah. Di aplikasi WhatsApp, buka Fitur Bisnis dan pergi ke menu Pengaturan.
Pilih opsi Akun Tertaut kemudian pilih Instagram. Pilih opsi Batalkan Tautan untuk mengahpus tautan antara akun Instagram dengan akun WhatsApp Anda.
Baca juga: Apa itu Shadowban Instagram, Penyebab dan Cara Mengatasinya


Like it? Share with your friends!

132
1k share, 132 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Kaget Kaget
0
Kaget
Muntah Muntah
0
Muntah
Sedih Sedih
0
Sedih
Ketawa Ketawa
0
Ketawa
Cinta Cinta
0
Cinta
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format